Bupati Puncak Jaya Bagikan Sembako dan Masker Kepada Warga Terdampak Covid-19

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda S.Sos, SIP,MM bersama Muspida melakukan sosialisasi pencegahan corona sekaligus membagikan sembako kepada warga di empat distrik, Sabtu (11/4)/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com   - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi corona, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menyalurkan bantuan sembako juga masker kepada masyarakat di empat distrik. Penyerahan bantuan ini langsung diserahkan oleh Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda S.Sos,S.IP, MM, dalam kunjungan kerjanya  Sabtu, (11/4) kemarin, yang dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi pencegahan virus corona.

Dalam kunjungan kerjanya, Bupati didampingi unsur Muspida TNI Polri dan pejabat Eselon II dan III. Sebanyak dua truk sembako dibagikan di empat distrik yakni Distrik Tingginambut, Gurage, Kalome dan Wanwi

Wabah Covid-19 yang sangat meresahkan tentu memunculkan sosial fobia (Rasa takut dan rasa tidak nyaman) bagi warganya untuk beraktivitas diluar rumah. Sedangkan masih banyak masyarakat yang sangat bergantung kepada mata pencaharian yang mengharuskan kontak dengan person lain. Kondisi demikian menggerakkan Muspida untuk terjun langsung ke lapangan selain memberikan sosialisasi dan pemahaman dan pendampingan.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos,S.IP, MM dalam arahannya menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut ambil bagian dalam penanganan covid-19 di Puncak Jaya.

“Keputusan karantina wilayah yang kita ambil merupakan kabupaten yang pertama di papua dan Indonesia dan itu sudah tepat, terbukti beberapa daerah terpaksa melakukan itu. Adapun dua minggu kedepan kita telah mengambil langkah karantina terbatas. Tidak boleh ada penumpang yang keluar dan masuk berasal dari wilayah lain dan mulai hari ini untuk penerbangan kita buka hanya untuk kebutuhan barang serta logistik. Pemerintah sebagai Wakil Allah di Muka Bumi jadi harus percaya” ungkap Bupati Yuni.

Masyarakat Terima Kasih

Hal tersebut senada dengan aspirasi masyarakat yang merasa puas dengan keputusan yang diambil pemerintah yang disampaikan dengan bahasa ibu (lani). Bahkan ada seorang mama dani yang menangis haru ungkapkan terima kasih yang tulus pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat. "Kami masyarakat tidak tahu apa itu penyakit ini, tapi Bapa dorang lindungi kami tutup daerah demi kebaikan kami semua" harunya.

Di distrik Gurage, Bupati mengingatkan warga untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah tetap tinggal dirumah melakukan aktivitas berkebun

“Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan makanan pokok yang ada di kebun. Kondisi Status kita masih hijau (belum ada pasien positif corona) sehingga mari kita jaga bersama,” ujar Bupati

Ditempat yang sama, Dandim 1714/PJ Letkol. Inf. Agus Sunaryo dalam arahannya kepada tokoh agama dan  masyarakat meminta untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan selalu mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Selaku pimpinan TNI jajarannya siap antisipasi jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan terkait wabah covid di Pos - pos TNI yang tersebar di Puncak Jaya.

Hal senada disampaikan Kapolres Puncak Jaya AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM mengatakan pihaknya berharap apa yang telah pemerintah lakukan terkait pencegahan virus corona dapat dipahami dan dilaksanakan oleh Masyarakat di Puncak Jaya. Sementara itu, Ketua DPRD, Zakaria Telenggen meminta masyarakat tetap tenang dan bersabar sampai masa karantina wilayah berakhir. Selain membagikan sembako, pemerintah juga membagikan 3.000 masker yang diproduksi oleh penjahit lokal Mulia. Saat  tatap muka bersama bupati dan unsure Muspida tampak masyarakat tetap menerapkan aturan physical distancing atau jaga jarak.(Adv)