Penyebaran Virus Corona Meluas ke Kabupaten Sarmi, Total 48 Kasus di Papua

Data terbaru penyebaran virus corona atau Covid-19 di Papua/ Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com – Jumah pasien positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di Papua bertambah. Data terbaru yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua tercatat ada tambahan 3 kasus positif di Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura.

“ Hari ini ada tambahan 3 kasus positif di Merauke 1 kasus dan Kota Jayapura 2 kasus sehingga jumlah pasien kumulatif menjadi 48 kasus. Dari 48 kasus tersebut 36 masih dalam perawatan, 7 pasien sembuh dan 5 orang meninggal dunia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule kepada wartawan di Kota Jayapura, Kamis (9/4) malam.

Sumule mengungkapkan, dari 48 kasus tersebut, pihaknya menemukan 1 kasus baru di Kabupaten Sarmi. Dimana pasien tersebut dinyatakan positif dan saat ini diisolasi di salah satu rumah sakit di Kota Jayapura.

“Jika sebelumnya pasien hanya berasal dari 4 kabupaten, maka hari ini ada tambahan 1 kabupaten yang kita temukan pasien covid-19 yakni Kabupaten Sarmi. Namun karena fasilitas disana (Sarmi) tidak memenuhi standar maka kita rawat di Kota Jayapura,” jelasnya.

Sumule juga mengklarifikasi pernyataan sebelumnya terkait dengan jumlah pasien di Kota Jayapura. Sebelumnya ia menyebut jumlah pasien di Kota Jayapura sebanyak 21 orang, namun ternyata hanya 18 orang. “Saya ingin klarifikasi jika kemarin kami sampaikan jumlah positif di Kota Jayapura sebanyak 21 kasus, maka seharusnya 18 kasus karena 3 pasien tersebut berasal dari Kabupaten Sarmi dan kabupaten Jayapura yang dirawat di Kota Jayapura,” jelasnya.

“Namun hari ini juga ada tambahan 2 kasus sehingga total menjadi 20 kasus di Kota Jayapura. Dari 20 kasus 15 dalam perawatan, 3 kasus sembuh dan 2 meninggal dunia,” tambahnya. Sementara jumlah kasus di Kabupaten Jayapura sebanyak 9 positif. Dimana 7 di rawat di RSUD Yowari dan 2 orang dirawat di Kota Jayapura.

Begitu juga Kabupaten Mimika terapat 13 kasus positif, dimana 8 masih dalam perawatan, 2 sembuh dan 3 meninggal dunia. “Untuk Merauke ada 5 kasus positif, 3 dalam perawatan dan 2 pasien dinyatakan sembuh,” imbuhnya.

Sementara itu, kabupaten yang masih zona hijau di Papua saat ini yakni Kabupaten Nduga yang hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus virus Corona. “Ada satu kabupaten yang masuk zona hijau karena sampai hari ini belum ada kasus yang ditemukan yakni Kabupaten Nduga. Kita berharap semoga tidak ada kasus disana,” harapnya. Ia menghimbau seluruh masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah untuk tetap berada di rumah dan tidak berkerumun.

“ Kami terus menghimbau kepada semua masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah, tetap di rumah, jaga jarak, tidak berkerumun, dan jika ada keluhan segera memriksakan diri ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat untuk ditangani,” imbaunya.