Bunyi Pesawat Mendarat di Bandara DEO, Warga Heboh

Pintu masuk Bandara DEO yang ditutup/Ola

SORONG,wartaplus.com - Sekitar pukul 10.00 WIT warga Kota Sorong khususnya yang tinggal di dekat kawasan Bandara Domine Eduard Osok (DEO) digegerkan dengan bunyi pesawat yang mendarat dan terbang di Bandara tersebut, Senin (6/4) pagi. "Bah itu ada pesawat apa yang mendarat dan lalu terbang lagi. Katanya Bandara ditutup,"ujar Oni, warga Pasar Remu.

Spontan desas desus terkait dibukanya kembali penerbangan di Bandara DEO mulai tersebar dari mulut ke mulut hingga pesan singkat di lini media sosial.
Kepala Bandara DEO, Rasburhani yang dikonfirmasi melalui pesan singkat membenarkan bahwa ada pesawat yang landing dan take off yaitu pesawat milik Travira jenis Twin Otter dari Nabire tanpa penumpang, singgah di Sorong untuk mengisi bahan bakar dan melanjutkan penerbangan ke Ternate tanpa penumpang.

Sebelumnya, Kabandara juga menjelaskan bahwa Bandara DEO tidak ditutup, karena yang berwenang menutup bandara adalah Dirjen Hubud Kemenhub.
"Saa ini di Bandara DEO yang berlaku adalah pelarangan orang yang masuk atau keluar Kota Sorong sesuai pernyataan tanggap darurat covid-19 yg dikeluarkan Bapak Walikota.

Sehingga semua maskapai yang beroperasi di Sorong telah mengajukan surat perihal pembatalan penerbangan sampai dengan tanggal 10 April," terang Kabandara.

Selain mengakibatkan tidak adanya orang yang keluar masuk, sejumlah jasa pengiriman ekspres melalui pesawat udara tutup, karena tidak ada pesawat khusus kargo untuk pengiriman barang. *