Update Covid-19 di Papua : 26 Positif, 5 Sembuh dan 2 Meninggal Dunia

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Jumlah Pasien positif terjangkit virus corona di Provinsi Papua kembali bertambah. Tercatat ada tambahan 8 kasus, sehingga total menjadi 26 kasus positif covid-19 di Papua.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, mengungkapkan, tambahan 8 kasus ini berada di Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika.

“ Hari ini kita ada tambahan 8 kasus yang positif covid-19 di Papua. tambahan ini ada di Kabupaten Mimika 5 kasus dan Kota Jayapura 3 kasus, sehingga total saat ini berjumlah 26 kasus positif di Provinsi Papua,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kota Jayapura, Minggu (5/4) malam.

Sumule mengaku, dari 26 kasus yang positif ini ada 5 kasus yang sembuh dan 2 kasus meninggal dunia.

“ Ada 5 kasus yang sembuh, yaitu 2 di Merauke dan 3 di Kota Jayapura. Kelimanya dinyatakan sembuh setelah melalui pemeriksaan sampel sebanyak 2 kali dan hasilnya negatif,” ucapnya.

Dia menyebut, dari 19 pasien positif covid-19 yang masih dalam perawatan, 17 orang dinyatakan sakit ringan hingga sedang, sementara 2 orang sakit berat.

“ Dari 19 yang sementara dirawat, 17 diantaranya sakit ringan hingga sedang, sementara 2 orang sakit berat dan harus menggunakan alat bantu pernafasan atau ventilator. Kita mohon doa restu dari seluruh masyarakat untuk kesembuhan dua pasien ini,” ujarnya.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Sumule mengatakan ada penambahan 4 kasus, sekaligus berkurang 3 kasus.

“ Kemarin Jumlah PDP kita 44 orang, namun hari ini bertambah 4 orang dan pulang 2 orang, sementara 1 meninggal sehingga total PDP kita saat ini berjumlah 45 orang. Tambahan PDP ini ada di Merauke 2 orang dan Kota Jayapura 2 orang,” jelasnya.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan terus menurun, jika sehari sebelumnya berjumlah 6.392 kasus, kini menurun menjadi 5.852 kasus.

“ Hari ini pengurangan 540 kasus ODP karena sudah melewati waktu 14 hari sehingga kami keluarkan dari daftar Orang Dalam Pemantauan,” imbuhnya.

Walau terjadi pengurangan jumlah ODP, namun Sumule mengaku bahwa pihaknya kalah karena ada 1 pasien yang meninggal dunia.

“ Jumlah pasien yang sembuh ada 5 orang, jumlah ODP kita berkurang, tapi hari ini kita kalah karena ada 1 pasien kita meninggal dunia. Ini membuktikan bahwa kita harus bekerja keras melawan virus ini, mari bersama-sama bergandeng tangan melawan virus corona di tanah papua. Saya optimis bahwa pada akhirnya kita akan menang melawan penyakit ini,” serunya.**