Satu PDP Covid-19 di Kota Jayapura Meninggal Dunia

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru/ Andy

JAYAPURA,wartaplus.com– Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona atau covid-19 yang sementara menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit di Kota Jayapura dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (4/4) malam.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru, yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, pasien tersebut sudah melalui pemeriksaan rapid test dan dinyatakan positif.

“ Kemarin dia sudah melalui pemeriksaan menggunakan rapid test dan hasilnya positif, tapi kita masih menunggu hasil PCR-nya agar lebih akurat, namun beliau sudah mendahului,” katanya ketika dikonfirmasi Minggu (5/4) pagi.

Rustan mengaku, pemakaman jenzah akan dilakukan di pekuburan muslim buper waena dan akan dilakukan oleh tenaga medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. “Pemakaman akan dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Buper. Tapi nanti dipisahkan dari lokasi pemakaman biasanya,” ujarnya.

Ia memastikan bahwa proses pemakaman akan dilakukan sesuai protokol penanganan corona,. “Yang melakukan pemakaman adalah tenaga medis dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap,” ujarnya.

Kasus kematian akibat virus corona atau covid-19 ini menjadi yang pertama di Kota Jayapura. Hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 yang meninggal di Papua berjumlah 2 orang.

Sementara itu, jumlah pasien positif covid-19 di Kota Jayapura berjumlah 9 orang. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 21 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.261 orang.**