Mulai Kamis Besok, Seluruh Penerbangan Penumpang di Papua Ditutup

Bandar Udara Sentani Jayapura/google

SENTANI,  wartaplus.com – Kantor Otoritas Bandara Wilayah X secara resmi memutuskan untuk menutup semua penerbangan penumpang dari dan keluar papua selama dua minggu kedepan.

Keputusan ini tertuang dalam surat nomor AU.301/0014/KOBUWIL X/III/2020 terkait penutupan penerbangan penumpang di seluruh Bandar Udara Provinsi Papua yang akan berlaku mulai Kamis 26 Maret – 09 April 2020.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah X, Usman Effendi, mengatakan, hal ini dilakukan untuk kebijakan pemerintah provinsi papua untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di papua.

“ Keputusan ini diambil untuk mendukung langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corna di papua,” katanya.

Sementara terkait dengan penerbangan cargo, Usman mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu Notam dari kementerian Perhubungan.

“ Untuk penerbangan/pengiriman cargo, emergency, sampel darah dan tenaga medis dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corna tetap berjalan. Namun kita masih menunggu notam dari kementerian perhubungan,” jelasnya.

Sebelumnya pada Rabu (24/3) kemarin, Pemerintah Provinsi Papua secara resmi mengumumkan untuk melakukan pembatasan sosial dengan menutup bandara dan pelabuhan di seluruh papua. Hal ini dilakukan untuk mencegah peneybaran virus corona atau covid-19 di papua.**