Bupati: Waspada Covid-19 , Awasi Masuknya Orang dan Keluar dari Kaimana 

Bupati Kaimana, Mathias Mairuma/Alberth

 

MANOKWARI,wartaplus.com - Bupati Kaimana Mathias Mairuma mengatakan, virus corona atau Covid-19 merupakan satu dari penyakit menular yang baru muncul secara global, maka setiap orang yang masuk keluar Kaimana harus diawasi.

"Secara khusus di Papua Barat virus Corona ini baru muncul, sehingga berbagai langkah memang harus diambil untuk mewaspadai. Nah,  lebih khusus di kabupaten, kota kita akan tangani sesuai kemampuan  kita masing-masing" ungkap Mathias Mairuma kepada Wartaplus.com, beberapa waktu lalu saat hadiri Rakerda PDI-P di Manokwari.

Cara mengatasi virus Corona saat ini di kabupaten Kaimana, kata Bupati adalah membatasi kedatangan orang baru yang datang, juga termasuk mengawasi sementara warga Kaimana yang keluar dari Kaimana. 

"Terutama kunjungan orang Kaimana ke daerah yang tergolong wabah virus Corona, maka pengawasan itu diperketat di bandara maupun pelabuhan" pesan Mairuma.

Ditanya terkait cara penanganan di Kaimana? Bupati mengaku fasilitas sangat masih terbatas dan belum mampu mengatasi Covid-19, tetapi pemerintah bersama semua stakeholder disana tetap waspada. "Satu hal yang terpenting adalah mengontrol ruang gerak keluar masuk manusia dari dan ke Kaimana" ungkap Mairuma.

Kaitan dengan adanya perusahaan asing yang beroperasi di kabupaten Kaimana, Bupati Mairuma mengatakan, tidak ada perusahaan Asing. Pasalnya ketika ada perusahaan asing dan ketika ada WNA yang baru datang bekerja disana, maka bisa membawa virus corona ditengah masyarakat, tetapi Bupati mengatakan, di daerah Kaimana tidak ada perusahaan asing yang beroperasi. 

Meski demikian Mairuma menegaskan setiap pergerakan manusia di Kaimana akan terus dipantau, sehingga apabila ada warga yang terpapar virus corona ini, maka segera ditangani medis, namun kata dia, sejauh ini masih relatif aman.*