Tambah Dua, Jumlah PDP Covid-19 di Papua Kini Tujuh Orang

Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Papua, Dr. Silwanus Sumule/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Dr. Silwanus Sumule mengungkapkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua kembali bertambah dua orang. Sehingga total Pasien Dalam Pengawasan menjadi tujuh orang 

Sumule mengatakan, pada Jumat pagi, dua orang kembali di rawat di rumah sakit karena memilki gejala yang sama dengan virus corona atau Covid-19.

“ Hari ini kita ada tambahan Pasien Dalam Pengawasan sebanyak dua orang. Sebelumnya ada lima orang, sehingga total saat kini menjadi tujuh orang,” kata Silwanus Sumule kepada wartawan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Jumat (20/3) sore.

“ Dengan tambahan dua orang ini maka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Jayapura berjumlah 4 orang, Merauke 2 orang dan Biak 1 orang,” tambahnya.

Sumule menjelaskan, dua orang PDP ini baru tiba di Jayapura dari luar Papua dan mengalami gangguan pernapasan sehingga langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“ Mereka baru tiba di Jayapura hari ini dan mengalami keluhan yakni gangguan pernapasan sehingga langsung ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Saat ini keduanya dalam keadaan sakit sedang,” ujarnya.

Selain Pasien Dalam Pengawasan (PDP), jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua juga ikut bertambah. Saat ini jumlah ODP di Papua mencapai 333 orang.

“ Jumlah ODP bertambah satu orang sehingga jumlah sekarang mencapai 333 orang. Namun jumlah ini hanya dari KKP Sentani (bandara sentani). Kalau pelabuhan dan bandara lain di Papua belum menyerahkan ODPnya kepada kita. Kita akan dorong agar kedepan semua KKP bisa menyerahkan jumlah pasien ODP di seluruh Papua,” bebernya.

Sumule menambahkan bahwa pihaknya akan mendorong semua rumah sakit di Papua untuk merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di seluruh Papua.

“ Rumah sakit rujukan kita ada 13 di seluruh Papua, tapi dalam rapat terbaru kita akan mendorong semua rumah sakit untuk bisa menangani pasien-pasien PDP. Kita minta rumah sakit ini bisa melakukan persiapan untuk menangani para pasien,” imbuhnya.

Sementara itu terkait dengan kondisi lima PDP yang lebih dulu menjalani perawatan, Sumule mengaku bahwa keadaannya berangsur membaik. “ lima pasien ini berangsur membaik, namun masih dalam pemantauan yang sangat ketat oleh tim medis,” tandasnya.**