Kabid Humas : KKB Bikin Ulah, Bakar Tempat Ibadah

Pembakaran gereja/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com-Kelompk Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika terus berulah, kali ini mereka melakukan pembakaran terhadap tempat Ibadah (gereja) yang berada di Kawasan Opitawak Distrik Tembagapura pada tanggal 12 Maret 2020 lalu.  Ini dikatakan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Selasa (17/3) malam.

Diketahui bahwa selama ini kelompok Lekagak dan KKB lainnya menjadikan gereja yang semula digunakan oleh masyarakat sebagai tepat ibadah tersebut dialih fungsikan menjadi pos untuk bersembunyi dari kejaran aparat keamanan TNI  dan Polri di Tembagapura.

“Gereja tersebut sebelumya ramai oleh masyarakat di Kampung Opitawak dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan ibadah, tapi sudah beberapa pekan belakangan semenjak KKB menebar teror di wilayah tersebut, masyarakat akhirnya harus mengalah. Tindakan tersebut lantaran KKB tidak memiliki tempat untuk bersinggah, sehingga mereka memberikan ancaman terhadap masyarakat disekitar untuk dapat menjadikan gereja sebagai markasnya,”ujarnya

Hal itu juga yang mendasari masyarakat di Distrik Tembagapura (termasuk kampung Opitawak) mengamankan diri dari berbagai penindasan yang dilakukan KKB.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH menyayangkan tindakan yang dilakukan KKB tersebut, gereja merupakan rumah Tuhan, tempat ibadah tidak seharusnya di bakar, tempat ibadah harusnya kita jaga dan kita sucikan.

Kabid Humas juga menegaskan bahwa anggota kami akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata yang meresahkan warga. Pasca kejadian tersebut saat ini situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif.*