Dinyatakan Negatif, 6 WNA Malaysia Akan Dipulangkan

Pemeriksaan warga negara asing asal Malaysia yang dinyatakan negatif Corona/Ola

SORONG, wartaplus.com - Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan sejak Siang hari pada Sabtu (14/3) enam orang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia dinyatakan bebas Virus Corona (Covid 19) pada Sabtu (14/3) malam.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat didampingi Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan dan Dandim 1802, Letkol Inf. Budiman di lokasi kejadian Masjid Darusalam Kilometer 10 Kota Sorong, Papua Barat.

"Keenam WNA ini dalam status dipantau. Setelah dipantau selama sehari mereka dinyatakan sehat, suhu tubuh normal. Sebenarnya mereka semua ini dalam keadaan suhu yang normal dan mereka dinyatakan memang sehat namun tetap kita melakukan pemantauan dan mereka itu tidak terpapar atau terkena virus Corona," terang Hermanus.

Meski sebelumnya pihak Karantina sendiri mengatakan bahwa seharusnya pemantauan dilakukan selama 14 hari, namun setelah melakukan rapat pimpinan daerah. Wali Kota Sorong memerintahkan keenam WNA tersebut yang diketahu dalam rangka agenda kegiatan keagamaan untuk dipulangkam ke negara asalnya.

Kepala Dinas Kesehatan (tiga kiri) bersama Kapolres (empat kiri), Dandim (dua kiri) dan staf ahli Wali Kota (kiri) berfoto usai memberikan keterangan pers/Ola

"Mereka sehat dan sesuai kesepakatan bersama, keenam WNA ini akan dipulangkan ke negera asalnya secepatnya," imbuh Hermanus.
Sementara itu, Ketua Pondok dan pengurus Masjid Darusalam, Abdurahim mengatakan bahwa keenam WNA tersebut tiba di Sorong dari Malaysia transit Jakarta pada Jumat pagi (13/3) menggunakan pesawat Air Asia.

"Jumat pagi tiba dengan Air asia. Saat di Jakarta mereka sudah diperiksa dan dinyatakan dalam keadaan sehat, dan telah mendapatkan sertifikat sehat. Sesuai prosedur mereka diperiksa lagi di Sorong. Untuk tidak ada kontak dengan santri, maka
Mereka dipulangkan, diusahakan secepatnya," ujar Abdurahim.*