Bupati Puncak Lantik 11 Pelaksana Tugas Kepala Dinas, Staf Ahli dan Asisten

Bupati Puncak Willem Wandik saat pose bersama dengan para pejabat yang baru di Lantik/dok.Diskominfo Puncak

ILAGAwartaplus.com - Untuk pertama kali dalam masa kepemimpinan di periode kedua , Bupati Puncak Willem Wandik, melakukan pergantian pejabat di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Puncak, Kamis (5/3) lalu.

Sebanyak 19 Pejabat terdiri dari 11 Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas, Staf Ahli dan Asisten Sekda. Ditambah dua jabatan Fungsional yakni Kepala Sekolah SMAN 1 dan Kepala Puskesmas Ilaga serta beberapa Kepala Bidang

Bupati Puncak Willem Wandik dalam sambutannya menyampaikan  bahwa pelantikan, rotasi dan mutasi serta promosi jabatan dalam roda pemerintahan merupakan hal biasa.

"Pelantikan ini merupakan hal biasa demi penyegaran roda pemerintahan, dengan demikian diharapkan ada nuansa dan suasana baru,"ungkapnya di hadapan belasan pejabat yang dilantik di Aula Negelar, Kabupaten Puncak.

Bahkan Kata Willem, dirinya akan langsung melakukan pengawasan terhadap para pejabat pelaksana tugas sampai dengan adanya kepala dinas yang baru.

“Untuk periode ini, saya akan kontrol pejabat yang baru dilantik ini,karena rata-rata mereka ini masih Pelaksana Tugas (PLT-red), dalam waktu dekat kita akan lakukan lelang jabatan untuk jabatan eselon II, yang memenuhi syarat, dialah yang terbaik untuk memimpin OPD,”ungkapnya.

Bupati menambahkan, dirinya pada periode ini akan menata lebih baik manajemen pemerintahan di Kabupaten yang terkenal dengan dinginnya tersebut, seperti pembinaan kepada pejabat eselon II agar tetap betah di tempat termaksud melakukan pengawasan terhadap seluruh kinerja aparatur sipil yang ada di Kabupaten Puncak.

“Periode lalu saya lebih banyak kejar fisik dan semua sudah terlaksana, sementara periode kedua kedua ini,  saya perlu fokus melakukan penataan manejemen, sehingga ke depan ketika saya tidak menjabat lagi sebagai Bupati ada sistem manejemen pemerintahan yang bisa saya ditinggalkan di daerah ini,”tukasnya.

Dia pun menambahkan  dalam waktu dekat akan ada juga rotasi jabatan, dan pelantikan juga kepada beberapa pejabat eselon III dan IV di Kabupaten Puncak. 

Mereka yang diambil sumpah janji dan pelantikan, yakni 19 pelaksana Tugas jabatan Tinggi pratama, Asisten Sekda Bidang umum, Kepala sekolah SMAN 1 Ilaga, Kepala Puskemas Ilaga, dan Kepala  Bidang.

Pelaksana tugas yang dilantik antara lain; Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan terpadu, Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman,  Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja,  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah Kabupaten Puncak. selain Bupati Juga melantik jabatan fungsional yaitu Kepala SMAN 1 Ilaga dan Kepala Puskemas Ilaga.**