Bersih-bersih Sampah di Kawasan Jembatan Youtefa, Ribuan Botol Miras Ditemukan

Puluhan botol miras yang diambil dari saluran air yang berada di sepanjang jalan menuju jembatan Youtefa/Cholid

JAYAPURA, wartaplus.com – Aliansi Pemuda Saireri Papua bersama Polresta Jayapura Kota menggelar aksi bersih-bersih sampah di seputaran Jembatan Youtefa, Jumat (6/3) pagi.

Kegiatan aksi bersih sampah ini dalam rangka peringatan Hut Kota Jayapura ke- 110 tahun serta kepedulian akan lingkungan sekitar terlebih khusus di sektor wisata.

Miris, sebab dalam aksi itu ditemukan ribuan botol minuman keras dan botol bekas minuman kemasan yang ketika dikumpulkan mencapai 62 kantong plastik besar

Penasehat Aliansi Pemuda Seireri Papua, Yonas Warinussy menyampaikan aksi bersih-bersih ini merupakan satu aksi nyata kepedulian akan kebersihan Kota Jayapura, mengingat kesadaran masyarakat masih minim, disisi lain kegiatan ini juga bagian dari dukungan masyarakat terhadap terselenggaranya pekan olah raga nasional (PON) 2020 mendatang.

“Ini aksi nyata kami mendukung pemerintah Kota Jayapura di sisi kebersihan. Selain itu kegiatan ini kami berharap dapat menggugah masyarakat lainnya untuk peduli kebersihan terlebih khusus di sektor wisata yang ada di Kota Jayapura,” cetusnya.

Dengan ditemukan banyaknya botol bekas minuman keras di sepanjang jalan menuju jembatan Youtefa, Yonas meninta agar pihak kepolisian Polresta Jayapura Kota untuk meningkatkan patroli rutin.

“Botol ini menunjukan bahwa tempat ini sudah dijadikan tempat miras bagi warga, kami berharap agar ada penindakan oleh aparat, apalagi mendekati PON, apa kata tamu nanti dari luar kalau mengunjungi jembatan yotefa dan mendapati banyak pemabuk di sepanjang jalan,” tegasnya.

Sementara itu ketua Aliansi pemuda Seireri Papua, Glif Buinei menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian Polresta Jayapura Kota yang telah menyempatkan diri untuk bergabung mengambil bagian dalam aksi bersih-bersih sampah.

“Kami ucapat terima kasih kepada Polisi terutama Kapolresta AKBP Gustav R Urbinas yang mau mengambil bagian dalam aksi ini. Semoga kegiatan pagi ini dapat memberikan cermin kepada warga lain untuk bersama-sama menjaga kebersihan,” ujarnya.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas menjelaskan kagiatan yang dilaksanakan pihaknya bersama pemuda Seireri merupakan satu upaya mendukung kebijakan Pemerintah Kota Jayapura dalam segi kebersihan.

Sementara itu terkait keberadaan jembatan Youtefa yang sering dijadikan tempat mengkonsumsi miras, Gustav menegaskan, pihaknya akan meningkatkan patroli rutin, bahkan kedepannya di seputaran jembatan Yotefa akan dibangun pos gabungan.

“Mabuk di muka umum sudah menjadi atensi kami. Patrol kami akan tingkatkan lagi, apabila ada kedapatan mabuk di muka umum maka kami akan tindak tegas, disisi lain apabila pos gabungan sudah berdiri maka anggota di situ akan melakukan pegawasan lebih extra mengingat lokasi ini merupakan salah satu objek vital,” tegasnya.**