BI Papua Barat Akan Gelar Pesta Rakyat Sekaligus Kampanyekan Aplikasi QRIS

Ilustrasi pesta rakyat/dok.WP

MANOKWARIwartaplus.com - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Barat akan menggelar pesta rakyat sekaligus mengkampanyekan aplikasi QR Code Indonesia Standar (QRIS) kepada para pelajar, pedagang tradisional, Mall dan restoran di daerah Papua Barat. 

Demikian diutarakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Donny H Heatubun kepada wartawan, Senin (2/3). "Terhitung 9 hingga 14 Maret, BI akan Kampanyekan tentang manfaat dari QRIS dan akhir dari itu semua akan digelar pesta rakyat," ungkap Heatubun

Sasaran kampanye ini kepada pedagang tradisional di pasar Wosi dan Sanggeng Manokwari. Kata Heatubun, program QRIS dapat dijangkau pula dengan aplikasi transaksi nontunai. Pihaknya juga menjamin setiap transaksi dijamin aman, baik untuk wisatawan asing maupun Indonesia.

"BI akan mempermudah wisatawan asing berkunjung ke Indonesia dan transaksi secara nontunai antar bank dan tak perlu menukar uang" jelas Heatubun.

Selain turun ke pasar, BI juga akan memberikan edukasi di Universitas Papua dan pelajar di dua SMA yang ada di Manokwari, termasuk mall, dan restoran sebelum pesta rakyat pada 14 Maret mendatang digelar.

Dikatakan Heatubun, QRIS bukan aplikasi melainkan sebuah standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Lanjut dia, khusus di Manokwari, bank yang sudah menerapkan QRIS yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Danamon, Bank Mega, Sinarmas, dan BTN. Di Sorong sudah lebih banyak bank yang menggunakan QR Code tersebut.

Heatubun menambahkan bahwa kegiatan kampanye QRIS untuk mengajak masyarakat menikmati manfaatnya dan lebih dimudahkan dalam transaksi nontunai.**