Puskesmas dan SD Inpres Mulia Teken Kerjasama Pelayanan Kesehatan Dasar

Kepala Puskesmas Mulia Drg. Miftakhul Huda, M.Kes menandatangani MoU dengan Kepala Sekolah SD Inpres Mulia Emelya Persila Yotha, S.Pd/dok.HumasPJ

MULIAwartaplus.com – Puskesmas Mulia, Kabupaten Puncak Jaya dan SD Inpres Mulia melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) tentang Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah yang berlangsung di Halaman SD Inpres Mulia. Rabu (26/2)

Penandatanganan kerjasama oleh Kepala Puskesmas Mulia Drg. Miftakhul Huda, M.Kes dan Kepala Sekolah SD Inpres Mulia Emelya Persila Yotha, S.Pd, berlangsung di sela sela kegiatan perlombaan kebersihan dan keindahan kelas, SD Inpres Mulia.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komite SD Inpres Mulia Ewonggen Kokoya, S.Th, M.AP, dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan David Warumboi, S.Pd dan Tiporius Wonda, Kepala Puskesmas Mulia Drg. Miftakhul Huda, M.Kes bersama tim Kesehatan Puskesmas Mulia.

Kepala Sekolah SD Inpres Mulia Emelya Persila Yotha, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa, perlombaan ini sebenarnya bertujuan untuk mengajarkan para siswa agar selalu menjaga kebersihan kelas masing – masing dan membuat kelas selalu tampak indah agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

“Para siswa juga diajarkan agar bisa mendaur ulang barang  - barang bekas menjadi sesuatu yang tepat guna dan mempunyai nilai di dalam mata pelajaran " kata Emelya

Ia juga menjelaskan terkait pelayanan kesehatan, UKS juga merupakan program ekstrakulikuler khususnya SD rujukan yang ditunjuk oleh kementerian. 

"Karena Puskesmas merupakan mitra kerja sekolah untuk pelayanan kesehatan, sehingga saat ini kami akan menandatangani perjanjian kerja sama antara SD Inpres dan Puskesmas Mulia untuk pelayanan UKS di sekolah kami," jelasnya.

"Dan kami juga telah menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk pelayanan UKS," sambungnya

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mulia dalam sambutannya mengaku, walaupun baru hari ini dilaksanakan penandatangan MOU namun pelayanan UKS di SD mulia sudah lama berjalan. 

"Jadi kedepannya para siswa sebelum berobat ke Puskesmas akan ditangani terlebih dahulu di UKS dan akan diberikan buku raport, buku inilah yang akan dibawah ke Puskesmas sebagai rujukan,” ungkap Drg. Miftakhul Huda, M.Kes

Kedepannya, lanjut Huda, pihaknya akan melaksanakan penyuluhan kepada semua siswa bagaimana cara mencuci tangan dan sikat gigi yang benar. Akan juga dilaksanakan pelatihan bagi dokter umum kecil dan dokter gigi kecil bagaimana cara penanganan – penanganan dasar yang benar

Dokter Huda juga mengakui bahwa peralatan kesehatan yang tersedia di ruang UKS belum seberapa tapi kedepan pihaknya akan melengkapi peralatan tersebut agar pelayanan kesehatan di sekolah bisa berjalan dengan maksimal.

“Untuk penandatangan kerja sama memang baru di sekolah ini saja, tetapi untuk pelayanan UKS telah berjalan di semua sekolah yang masuk wilayah kerja puskesmas mulia," tutupnya.**