Tingkatkan Keselamatan dan Kesehatan, PLN Sorong Gelar Apel 

Foto bersama jajaran manajer PLN UP3 Sorong dengan mitra kerja yang menerima penghargaan /Ola

SORONG,wartaplus.com-Dalam rangka meningkatkan keselamatan kerja dan kesehatan, seluruh pegawai PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sorong bersama sejumlah mitra kerja menggelar apel kesiap siagaan di lapangan kantor PLN Sorong, Papua Barat, Rabu (13/2)

PLH. Manager PLN UP 3 Sorong, Joni Budiman Laos yang membacakan sambutan tertulis Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah. Menaker mengatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks. Karenanya diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien, dan inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Untuk itu, Menaker, meminta semua pihak dapat melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing agar budaya K3 benar-benar terwujud di seluruh tanah air.

"Kita perlu melakukan lompatan dan terobosan dengan inovasi-inovasi baru, agar pelaksanaan K3 dapat terus diperkuat di tengah gerak perubahan masyarakat dan revolusi industri yang kian melesat," kata Menteri Ida sebagaimana dibacakan oleh Joni.

Menteri Ida mengungkapkan telah terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja di 2018, dan sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus. Hal ini menunjukkan terjadinya penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26.40 persen.

Meski demikian, tantangan serius yang dihadapi yakni sebanyak 57,5 persen dari 126,51 juta total penduduk bekerja berpendidikan rendah.
Menaker menyebut kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) dan indeks pembangunan ketenagakerjaan (IPK).

Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang mengusung tema, optimalisasi kemandirian masyarakat berbudaya K3 para era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi informasi, di PLN Area Sorong juga dilakukan penandatanganan komitmen jajaran manajer PLN UP 3 Sorong, penandantanganan PLN dengan mitra kerja untuk keselamatan kerja, dilanjutkan pemberian piagam penghargaan dari PLN kepada mitra kerja dan peninjauan peralatan kerja dan peralatan kesehatan. Pada kesempatan tersebut juga dimeriahkan dengan aksi lomba yel-yel yang diikuti oleh pekerja dari mitra kerja PLN.*