Bobol Mesin ATM, Dua Pelajar SMP di Jayapura Ditangkap

Kapolsek Jayapura Utara Iptu Handry Bawilling didampingi Wakapolsek (kiri) dan Kanit Reskrim (kanan) saat merilis pengungkapan kasus pembobolan ATM/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Dua pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Jayapura masing masing berinisial YA dan BNP, ditangkap Polisi lantaran melakukan aksi pencurian dengan cara membobol mesin ATM di seputaran Pasir II, Jayapura beberapa waktu lalu.

Keduanya ditangkap tanpa perlawanan di dua lokasi berbeda di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Senin (3/2) siang.

Kapolsek Jayapura Utara, Iptu Handry M. Bawilling menerangkan, kedua pelaku saat ini telah diamankan di balik jeruji besi guna pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik Unit Reskrim.

Handry menjelaskan, hasil pemeriksaan awal, YN diketahui berperan sebagai pembobol mesin ATM, sedangkan BNP berperan mengawasi situasi di sekitar ATM.

“Peran keduanya berbeda, namun masih akan di dalami lebih lanjut,” jelas Handry

Selain mengamankan kedua pelaku, polisi juga menyita barang bukti linggis yang digunakan saat pembobolan ATM.

Atas perbuatannya, Ban Papua alami kerugian mencapai Rp20 juta

“Mereka baru berhasil menggasak uang tunai Rp300 ribu dari ATM. Namun kalau kerusakaan mesin ATM yang ditimbulkan dari ulah kedua pelaku diperkirakan mencapai Rp20 juta,” bebernya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Kepulauan Yapen ini pun menambahkan, pihaknya akan menelusuri dugaan lokasi kejadian lainnya yang dilakukan kedua pelaku. Hal ini menyusul informasi pelaku YN pernah melakukan kejahatan yang sama di wilayah Kabupaten Sarmi maupun Jayapura.**