Polda Papua Laksanakan Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental Personil

Seluruh personil Polda Papua mengikuti kegiatan rutin pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) Personil Polda Papua/Humas Polda Papua

JAYAPURA-Seluruh personil Polda Papua mengikuti Kegiatan Rutin yakni Pembinaan Rohani dan mental (Binrohtal) Personil Polda Papua yang dilakukan Setiap hari kamis.

Kegiatan pembinaan rohani dan mental personil yang beragama Hindu melaksanakan Binrohtal di Aula Sat Lantas Polda Papua, kemudian Personil yang beragama Islam melaksankan Binrohtal di Masjid Al Mu Minun Polda Papua, dan personel beragama Nasrani melaksankan Binrohtal di Aula Rastra Samara Polda Papua.

Dalam Binrohtal yang dilaksanakan oleh personel Muslim dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Papua Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni, M.Si, dan selaku penceramah oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

Kegiatan tersebut banyak membahas masalah masalah yang biasa terjadi di rumah tangga dan pola pola kehidupan pribadi.  “Hal yag ditekankan kepada anggota sebagai pelindung pengayom masyarakat. Hal ini di lakukan agar sebelum anggota memberi arahan kepada masyarakat alngkah baiknya berawal dari diri pribadi masing masing terlebih dahul,”ujar  Kabid Humas Polda Papua, Kamis (16/1)

Selain itu di penghujung kegiatan Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Mulyadi Kaharni menyampaikan agar seluruh anggota khususnya yang beragama muslim agar rutin mengikuti Binrohtal ini. Ini bertujuan untuk pembinaan secara mental dan rohani. Agar meningkatkan kesadaran anggota serta terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan.

Dalam Binrohtal yang dilaksanakan oleh personel hindu dipimpin langsung oleh AKBP Nengah Adi Putra, S.IK dan di dampingi oleh Kompol I Made Suartika, S.IP, dan selaku penceramah Kompol Nyoman Pujana.

Dalam ceramahnya Kompol Nyoman Pujana mengatakan yang pada intinya, di dalam Hindu meyakini bahwa Hindu sangat menyatu dan harmonis dengan alam beserta isinya. “Didalam Hindu juga sangat menjunjung tinggi prinsip tuhan yang maha pengampun. Dan didalam tatanan persembahyangan Hindu juga mengenal Aneka cara memuja Tuhan sesuai kemampuan dan kedekatan spiritual,”ujarnya.*