Jalin Silaturahmi TNI dan Warga, Lewat Acara Bakar Batu

Personil Satgas Pamtas Yonif 509/Kostrad hadiri acara bakar batu di kampung Kiwirok,Pegubin/dok.Pendam17

PEGUBIN - Guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat, personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509/Kostrad yang dipimpin langsung Danpos Letda Inf Erick Dakusa bersama 7 anggotanya menghadiri acara bakar batu yang dilaksanakan oleh masyarakat tiga kampung yaitu Kampung Kiwi, Kampung Pelebib dan Kampung Delphem namun dipusatkan di Kampung Kiwi, Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang. Pada Jumat (27/12) lalu.

Kegiatan menghadiri acara adat warga di Kampung Kiwi Distrik Kiwirok, tidak hanya mempererat silturahmi, namun juga untuk memahami budaya Papua.

“Inilah wujud silaturahmi kita dalam menghargai sekaligus menghormati kearifan lokal dan budaya masyarakat di wilayah perbatasan,” ujar Danpos Erick Dakusa, seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih

Dia menjelaskan, tradisi bakar batu merupakan salah satu tradisi penting masyarakat di Papua berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur dan bersilaturahim mengumpulkan sanak saudara dan kerabat. 

“Kehadiran Kami dari Satgas merupakan wujud kebersamaan antara personel dengan warga dalam kehidupan sosial budaya masyarakat di daerah perbatasan,”ungkapnya

"Kami bangga, dengan undangan seperti ini warga sudah menjadikan Satgas sebagai bagian dari mereka,” ucapnya

Sementara itu, Nelson T Napiwa selaku Kepala Distrik Kiwirok menjelaskan bahwa acara ini sudah berjalan sejak dari nenek moyang dan ini harus ditaati secara adat dan harus dilestarikan.

Dirinya mengapresiasi atas kehadiran Satgas dalam acara tradisi bakar batu yang digelar warganya.

“Terima kasih Bapak TNI atas kehadirannya, semoga kedekatan seperti ini terus terjalin dengan baik,” ucapnya.(Adv)