Pemkab Puncak Hibahkan Bangunan untuk Mako Polres

Bupati Puncak Willem Wandik/Cholid

JAYAPURA - Setelah resmi memiliki Polres, Pemerintah Kabupaten Puncak menghibahkan tiga bangunan diatas lahan seluas 50x100 meter untuk dijadikan Markas Komando Kepolisian Resor  Puncak.  Tujuannya agar anggota  Polres Puncak segera bertugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik menuturkan Pemda berinisiatif menyediakan lahan dan bangunan untuk Markas Polres Puncak dikarenakan selama ini masyarakat sudah merindukan layanan keamanan dari pihak kepolisian.

"Bangunan yang dihibahkan ke Polres Puncak merupakan bekas kantor bupati yang tak lagi terpakai.  Saat ini bangunan tersebut masih dihuni satuan Brimob dari Mabes Polri selama beberapa bulan terakhir, " kata Willem, Jumat (20/12).  

Selain Kantor, lanjut Bupati, Pemerintah Daerah pun telah menyiapkan tempat tinggal serta mess bagi anggota yang nantinya akan bertugas bahkan rumah tahanan pun telah disiapkan

Ia menuturkan, selama ini masyarakat hanya terlayani oleh Polsek yang masuk dalam wilayah hukum Polres Puncak Jaya, sementara wilayah Puncak sendiri cukup luas oelha karena itu dengan hadirnya Polres baru di Puncak, maka impian memiliki selama ini telah terwujud.

"Kami sudah mengusulkan kehadiran Polres Puncak sejak tahun 2013  lalu.  Akhirnya pemerintah mengabulkan permohonan kami, " tutur Willem.  

Ia berharap dengan adanya Polres Puncak dapat mencegah terjadinya konflik sosial dan gangguan keamanan seperti kasus penembakan yang sering terjadi di daerah tersebut. 

Dalam tahun ini terjadi empat kali kasus penembakan di Puncak.  Terakhir kasus penembakan seorang warga sipil bernama Sahrudin.  Pemilik kios tersebut tewas  ditembak dua anggota kelompok kriminal bersenjata dekat Bandar Udara Aminggaru,  Kabupaten Puncak,  pada 28 September 2019. 

Sementara itu Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw saat dihubungi, menyampaikan ucapan  terima kasih kepada Pemda Puncak karena telah memghibahkan fasilitas bangunan dan lahan untuk Polres Puncak. 

Paulus pun menyatakan telah melantik Kapolres Puncak Ajun Komisaris Besar Dicky Saragih beserta empat kapolres lainnya pada Rabu kemarin di Markas Polda Papua.  

"Kami berharap jajaran Polres Puncak dapat menjalin sinergi dengan Pemda dan masyarakat setempat.  Tujuannya agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik," ungkapnya.**