Pelaku Dicari

Polres Yahukimo Diserang Sekelompok Warga, Satu Anggota BKO Brimob Tewas

Foto Ilustrasi/Google

JAYAPURA-Brigpol Hendra Saut Sibarani anggota Brimob Polda Riau BKO Polres Yahukimo tewas usai dikeroyok sekelompok warga saat melintas Pemukiman Jalur 1, Dekai, Rabu (18/12) siang.

Dari data yang diperoleh,  kejadian naas itu terjadi pukul 11.23 WIT, korban hendak menuju pos Brimob yang terletak di Masjid At-Taqwa. Saat melintas di lokasi kejadian sekelompok warga langsung melakukan penganiayaan terhadap korban. Brigpol Hendra sempat mendapatkan pertolongan medis, namun sayang nyawa korban tidak tertolong akibat luka cukup serius yang dialaminya.

Kapolres Yahukimo AKBP Anggling Guntoro ketika dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Ipda Abdurrohman Hidayat membenarkan kejadian itu, dimana saat ini pihaknya masih melakukan penyidikan dan penyelidikan. "Kamis masih lakukan penyidik guna mengungkap para pelaku," ujarnya, Rabu  (18/12) sore.

Penyerangan itu bermula dari salah seorang warga yang tidak terima ditegur lantaran membuang air kecil (kencing)  di samping pos penjagaan SPKT Polres Yahukimo. "Ada warga yang ditegur namun warga tersebut malah mencaci maki anggota, kemudian dia memberitahukan warga lain kalau dirinya di pukul oleh Polisi, padahal tidak. Seketika itu warga langsung melakukan pelemparan dan menyerang kantor SPKT Polres Yahukimo,"ujarnya.

Kata Hidayat, warga yang melakukan pelemparan dan penganiayaan terhadap anggota langsung melarikan diri meninggalkan Polres. Namun ketika dilakukan pencarian terhadap pelaku penganiaya dan pelemparan Anggota Kepolisian Yahukimo kembali diserang  oleh sekelompok warga di Pasar  Lama Dekai.

"Saat itu anggota Polres Yahukimo yang melakukan pencarian terhadap pelaku, mendapat serangan dari masyarakat yang berada di seputaran pasar lama dan seketika itu anggota langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke arah udara," ujarnya

Lanjut Dayat, saat itu juga masyarakat yang tidak terima dengan kejadian tersebut langsung membabi buta dan melakukan pembakaran dua unit kendaraan masyarakat yang sedang lewat di jalan seputaran Kompleks Ruko Blok B.

"Saat kejadian pembakaran, Brigpol Hendra melintas disitulah korban dikeroyok dan dianiaya sekelompok warga dan selanjutnya korban dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang nyawa tidak tertolong," ucapnya.

Dari kejadian itu dua anggota kepolisian mengalami luka-luka, satu diantaranya Brigpol Hendra Saut Sibarani anggota Brimob Polda Riau BKO Polres Yahukimo tewas.

Sementara  Bripda Nabu mengalami luka pada bagian telinga sebelah kanan akibat dari terkena lemparan batu. "Situasi kondusif hingga sore ini, anggota juga telah berjaga guna mengatur hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi," ucapan. Bahkan Lanjut Dayat pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan dan penyidikan guna mengungkap pera pelak penyerang dan penganiayaan.*