Stafsus Presiden Dorong Peningkatan Pembangunan Berkelanjutan di Papua

Staff Khusus Milenial Presiden RI, Billy Mambrasar saat menghadiri kegiatan Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah (RAD) Sustainable Development Goals (SDGs) di Kota Jayapura, Papua/Andy

JAYAPURA-Staf  Khusus Millenial Presiden RI, Billy Mambrasar, membuka kegiatan Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah (RAD) Sustainable Development Goals (SDGs) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Papua Di Kota Jayapura, Papua.

Dalam kesempatan tersebut,  Billy mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua dan Papua Barat untuk mengadopsi serta mengimplementasikan SDGs dalam semua pelaksanaan program kerja di semua sektor guna menopang pembangunan berkelanjutan di Tanah Papua. 

Menurutnya, perbaikan kualitas sumber daya manusia harus menjadi perhatian utama bagi pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat. Karena dengan kualitas pendidikan yang baik akan menciptakan SDM yang handal dan mampu bersaing.

“ Tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai apabila manusia sebagai aktor utama telah mumpuni mendorong pembangunan pendidikan yang inklusif dan berkuaitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua,” katanya dalam realise yang diterima Wartaplus.com, Jumat (13/12) sore.

Selain itu kata Billy, pembangunan di tanah Papua,  bukan hanya tanggung jawab pemerintah,  akan tetapi seluruh pemangku kepentingan,  termasuk sektor swasta dan mitra pembangunan lainnya. 

“ Kolaborasi yang baik antara pemerintah Provinsi/Kabupaten-Kota, NGO, Perusahaan Swasta hingga komponen pemuda, akan membantu menghindari ketergantungan pembangunan pada dana dari pemerintah pusat saja. Apabila ini dapat terjadi dengan baik, Papua dapat menjadi contoh pencapaian pembangunan berkelanjutan  dalam bentuk sinergitas positif,”terangnya. Ia juga berharap pemerintah dapat memberikan kesempatan kepada seluruh pemuda dan pemudi Papua untuk terlibat aktif dalam pembangunan tersebut. 

“Jangan hanya pelaporan dalam bentuk angka dan kertas saja,  implementasi SDGs harus mampu menyasar hingga ke seluruh masyarakat Papua secara nyata,  termasuk masyarakat kita yang tinggal di daerah pedalaman,” tandasnya.