Penandatanganan MoU, KONI Pusat dan Pemprov Papua Jamin Kesuksesan PON XX

Penandatanganan MoU oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, bersama Forkopimda dan Kepala Daerah Cluster Penyelenggara PON / Djarwo

JAYAPURA - Pemerintah Provinsi Papua bersama Kepala Daerah cluster penyelenggara, KONI Pusat dan Forkopimda menjamin kesuksesan PON XX tahun 2020 di Papua dengan ditandai penandatanganan MoU yang bertempat di Gedung Negara, Kota Jayapura, Rabu (11/12).

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan, meski masih tersisa kurang lebih 314 hari menuju perhelatan PON XX, namun waktu tersebut terbilang singkat mengingat masih banyaknya sejumlah faktor yang harus dikebut guna menyiapkan perhelatan pesta olahraga empat tahunan itu.

Untuk itu, ia meminta kepada pihak-pihak yang terlibat agar dapat segera menuntaskan pekerjaan rumah masing-masing demi mencapai kesuksesan PON XX.

Sedangkan dari sisi venue, Gubernur memastikan jika semua pekerjaan tersebut bakal rampung seutuhnya pada Juli 2020 mendatang.

"Ini adalah event nasional, oleh karena itu saya berharap semua fasilitas PON sudah harus selesai Juli 2020, sehingga kita bisa tinggal tunggu penyelenggaraan. Sehingga kita sudah siap menyongsong tantangan penyelenggaraan, karena banyak hal yang harus disiapkan seperti akomodasi, transportasi, konsumsi, kesehatan dan lainnya," ujar Gubernur.

Ia juga berharap masyarakat dapat ikut berandil dalam mensukseskan PON XX. Pasalnya, event ini dipastikan akan menjadi momentum bagus di sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat.

"Kita harus tunjukkan bagaimana kita menerima tamu. Masyarakat semua harus siap dan merepresentasikan Papua layak sebagai tuan rumah PON. Kita harus meyakinkan mereka bahwa situasi dan kondisi di Papua aman, sehingga mereka bisa menikmati kebudayaan dan pariwisata di Papua," jelasnya.

"Kita semua bersaudara siap menerima atlet dari berbagai daerah di Indonesia. Yang perlu kita jaga bahwa saat kontingen pulang bisa membawa sesuatu yang berkesan dari papua, karena Jadi tuan rumah ini adalah kehormatan dan penghargaan kita Papua dari Negara Republik Indonesia. Pastikan saat penyelenggaraan semua dalam kondisi aman dan terkendali," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno menegaskan jika pihaknya sudah meyakinkan seluruh Provinsi di Indonesia yang akan mengikutkan kontingennya bahwa penyelenggaraan PON XX akan berjalan sukses di Papua.

"Kami sudah katakan kepada seluruh provinsi bahwa tidak perlu khawatir bahwa PON di Papua ini tetap jadi. Kini semua pihak tinggal menyepakati PON bisa sukses di Papua. Kami mengajak semua pihak menjadi bagian dari solusi dan bukan jadi bagian dari masalah, kami yakin dengan itu pasti PON akan sukses di Papua," pungkasnya.