Matangkan TC di Malang, Muaythai Papua Optimistis Rebut Medali PON XX

Pelatih Muaythai Papua, Donny Ayorbaba / Djarwo

JAYAPURA -Cabang olahraga Muaythai kini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kota Batu Malang sebagai bagian dari persiapan intens menuju perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang di Papua. Sang pelatih, Donny Ayorbaba pun mengaku optimis timnya bisa merebut medali di ajang PON XX nanti.

Di Malang, tim Muaythai Papua akan menjalani TC hingga Maret 2020 mendatang. Mereka memilih TC di kota Apel tersebut karena banyak pilihan untuk berlatih tanding.

"Persiapan sekarang kita bergeser ke TC di Batu Malang karena kita sudah harus masuk pada uji tanding dan uji coba untuk melihat kekurangan yang terdeteksi," ujar Donny, Sabtu (7/12).

Rencananya, setelah menggelar TC di Malang, tim Muaythai Papua akan bertolak menuju Thailand pada April 2020 mendatang untuk kembali menguji kemampuan di negeri asal beladiri Muaythai tersebut.

"Dari catatan kami tim pelatih, atlet-atlet kita tiap bulannya ada peningkatan jadi tidak tutup kemungkinan akan mendapatkan medali. Selanjutnya kita akan ke Thailand sekitar April karena disana kiblatnya Muaythai. Kita butuh banyak naik ring dan butuh jam bertanding," jelasnya.

Muaythai Papua sendiri ditargetkan oleh KONI Papua mendapatkan tiga medali emas pada perhelatan PON XX nanti. "Ada berapa atlet yang kita lihat dari hasil tes fisik dan progres dari beberapa bulan ke depan ini sangat berpotensi. Kemungkinan mereka bisa mendapatkan medali. Target dari KONI bisa dapat tiga medali emas,"pungkasnya.*