Pangkoarmada III Beri Penghargaan Prajurit Berprestasi

Pangkoarmada menari bersama ketua Jalasenastri dan tamu undangan /Ola

SORONG-Memperingati Hari Armada, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, memberikan apresiasi dan uang pembinaan kepada prajurit Koarmada III yang berprestasi, yaitu Serka KEU/W Novy Mulalinda peraih medali emas cabang selam Open Water Sports (NOWS) 2019, Serda TTU/W Nina Puji Safitri dan Serda BEK/W Maria Aprilia Dos Santos peraih medali perak Kejuaraan Kararte Piala Panglima TNI 2019, dan Tim Dayung Koarmada III juara I Lomba Dayung Perahu Karet HUT Ditpolairud 2019.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan Panglima yang bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Armada RI tahun 2019 di lapangan upacara Mako Koarmada III Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (5/12).

Pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud dan amanah KSAL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangkoarmada III pada peringatan hari Armada.

Dimana KSAL menyampaikan bahwa dalam menyikapi kemajuan teknologi serta menghadapi tensi tantangan ke depan, TNI Angkatan Laut harus memperkuat kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki dengan terus mengembangkan kreativitas dan inovasi, tidak hanya sebagai pengawak sistem kesenjataan yang modern, tetapi juga personel yang mengarahkan adaptasi inovasi.

Guna menjawab semua tantangan yang tidak menentu tersebut, TNI AL melakukan pembangunan postur yang kuat, profesional dan modern yang diikuti dengan melakukan validasi organisasi. 

Salah satunya adalah dengan disetujuinya Peraturan Presiden Nomor  66 tahun 2019 tentang Komando Armada RI, maka Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada baik Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III. Diharapkan dengan terbentuknya organisasi baru ini, maka respon cepat terhadap segala bentuk ancaman negara dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat. 

Pangkoarmada III (tengah) berfoto bersama prajurit TNI AL berprestasi di hari armada / Ola

Dalam pembangunan kekuatan Angkatan Laut harus selaras dengan peningkatan profesionalisme yang diikuti dengan kesejahteraan prajurit. Sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk membangun sumber daya manusia yang unggul, maka peningkatan profesionalisme prajurit juga menjadi prioritas utama TNI AL dalam renstra kedepan.

Peringatan Hari Armada tahun 2019 dengan tema "Armada sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, dan Militan” diisi dengan demonstrasi karate dan tari perdamaian khas Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Kogabwilhan III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han), Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, para pejabat Forkopimda Provisi Papua Barat, dan pejabat Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong. Sebelumnya, dalam memeriahkan Hari Armada telah dilakukan penanaman pohon mangrove secara massal, renovasi rumah penduduk, rumah ibadah, sekolah dan pembangunan jalan di wilayah Sorong.*