Gedung Dekranasda Diresmikan, Gubernur: Kerajinan Seniman Papua Barat Dapat Dipromosikan

Gubernur Papua Barat sambut dewan pengurus Dekranas Pusat saat peresmian gedung Dekrnasda Papua Barat, Kamis (28/11)/Albert

MANOKWARI- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meresmikan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat, Kamis (28/11).

Dalam sambutannya, Gubernur berharap gedung Dekranasda dapat memberikan rasa kehormatan dalam mempromosikan produk kerajinan para Seniman Papua di Provinsi Papua Barat, baik secara lokal, regional dan Internasional.

Gedung Dekranasda ini terbagi dalam beberapa ruang yang menampung hasil kerajinan seniman Papua Barat. Apalagi ada beberapa ruang yang tersedia, seperti ruang galeri dan beberapa ruang yang menampilkan produk industri kerajinan masyarakat dari beberapa suku di daerah Papua Barat.

“Jadi tujuannya agar hasil karya seniman Papua dan pengrajin karya lainnya yang dibuat dari suku di Papua Barat dapat ditampilkan disini agar kedepan setiap tamu yang datang ke kabupaten Manokwari bisa langsung datang melihat karya seniman Papua disini” ungkap Gubernur Mandacan.

Dominggus berharap karya seniman dan budayawan di Papua Barat dapat ditampung di gedung Dekranasda. Selain karya mereka ditampilkan, para seniman dan budayawan di Papua Barat diminta memberikan masukan untuk pengembangan gedung ini kedepannya.

Dia menambahkan, seniman dan budayawan Papua bisa diajak bekerjasama untuk terus budayakan kerajinan khas budaya Papua untuk dipamerkan disetiap kesempatan.

Secara terpisah, Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas) Pusat, Grace Claudia Pieters Batubara menyampaikan bahwa gedung ini diharapkan menampung hasil kerajinan produk masyarakat Papua Barat.

“Industri kerajinan menjadi salah satu unggulan signifikan dalam perekonomian Indonesia. Apalagi sektor industri kreatif sangat berkontribusi terhadap PDB Nasional dan menempati urutan tiga besar dalam industri kreatif setelah kuliner dan fashion” ungkap Grace

Dia mengaku sangat bangga melihat hasil produk dari pengrajin yang menampilkan karya seni budaya dari suku suku Papua Barat.**