Juru Bicara TPNPB-OPM

1 Desember Bintang Kejora Tetap Akan Berkibar, Kami Sudah Lakukan Ini Bertahun Tahun

Juru bicara Komnas TPNPB-OPM, Sebby Sambom/Istimewa

JAYAPURA-Menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember mendatang bendera bintang kejora  akan tetap berkibar di markas-markas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)- Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Bintang Kejora akan tetap berkibar di markas-markas TPNPB-OPM dan itu hari kami merayakannya,”tegas  Juru Bicara  TPNPB-OPM Sebby Sambom kepada wartaplus, Kamis (28/11) pagi.

Diungkapkan, 1 Desember biasanya dirayakan di markas-markas TPNPB-OPM dengan melakukan pengibaran bendera Bintang Kejora. Sementara bagi sebagian orang Papua yang tinggal di wilayah perkotaan memperingatinya dengan cara melakukan ibadah doa disertai kegiatan diskusi atau seminar.

“Ini sudah kami lakukan dari dulu dan selama puluhan tahun dan itu akan berjalan terus. Setiap tahun kita lakukan perayaan, 1 Desember itu bukan hari proklamasi, melainkan hari di mana para tokoh Papua, dan pemerintah Belanda umumkan embrio negara. Setelah itu proklamasinya terjadi pada tanggal 1 Juli 1971, makan OPM berjuang untuk pengakuan ini,"ujarnya.*