465 Satgas Unras Kembali ke Daerah Asal

Kasrem (dua kiri) menyalami komandan satgas Unras/Istimewa

SORONG-Korem 181 Praja Vira Tama menggelar upacara pelepasan Satuan Tugas (Satgas) BKO pengamanan unjuk rasa (Unras) di dermaga Koarmada III Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (12/11).

Kasrem Kolonel Inf Hariyanto mewakili Danrem 181 PVT, Brigjen TNI Ignatius Yogo memimpin kegiatan pelepasan Satgas BKO Pengamanan Unjuk Rasa di wilayah Provinsi Papua Barat.

"Pada sore hari ini atas ijin Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kita masih diberikan kesehatan kekuatan lahir batin sehingga kita masih dapat berkumpul di tempat ini. Kami satuan Korem 181/PVT menerima BKO dari satuan-satuan, dengan kehadiran kalian semua tidak ada yang tidak dapat diatasi dimanapun dan kapan pun wilayah bergejolak harus siap, yang kalian lakukan adalah tugas Mulia tugas yang benar-benar dilaksanakan dengan tulus ikhlas dan profesional, karena itulah yang membawa kita mendapatkan kemenangan dan sekarang ini sudah saatnya kembali ke satuan kalian masing-masing. Saya yakin dan percaya bahwa tugas sebelum di sini kalian juga merasakan latihan-latihan yang cukup berat seperti latihan Ancab, menyita pikiran waktu dan tenaga setelah latihan kalian berangkat di sini,karena situasi wilayah di sini mengatasi berbagai macam kendala. Tapi itu semua bisa diatasi sampai dengan sekarang. Tugas-tugas yang kemarin yang kalian laksanakan 100% sudah berhasil tinggal ada satu tugas lagi perjalanan dari sini kembali ke Home Base," urai Kasrem dalam sambutannya.

Ia menghimbau kepada seluruh personil agar dapat saling menjaga kesehatan diatas kapal. 

"Kapal KRI Makassar 590 ini berjalan bergerak berdasarkan titik Koordinat patroli hingga nanti sampai di tempat tujuan, di atas kapal memakan waktu berminggu-minggu jaga kondisi selama di perjalanan, saya yakin dan percaya bahwa di manapun kalian bertugas dan berada pasti meninggalkan kebaikan yang senyum kebaikan kepada semuanya yang bertugas, yang di Sorong kalau masih ada hal-hal yang belum terselesaikan segera selesaikan. Atas nama komandan Korem 181/PVT dan seluruh warga Korem 181/PVT dan jajaran Kodim Sorong, Fakfak, maupun di batalyon RK 762/VYS menyampaikan permohonan maaf apabila selama kegiatan atau pelayanan  saat kalian melaksanakan tugas di wilayah kami kurang berkenan atau kurang maksimal dalam mendukung kegiatan kalian. Komandan Korem juga menyampaikan Terima kasih yang sebesar-besarnya dan sampaikan kepada unsur pimpinan terima kasih untuk semua dan juga kita menyampaikan salam juga kepada keluarga kalian masing-masing selamat bertemu keluarga bagi yang sudah berkeluarga, selamat bertemu pacar yang belum nikah yang baru punya pacar ya selamat bertemu dan berkumpul Bersama Keluarga dan Orang tua semoga kalian sampai tujuan tidak ada yang sakit. Saat ini kalian sudah di embarkasi tinggal menunggu besok pagi kapal ini sudah berangkat, itu saja yang saya sampaikan lagi selamat jalan selamat sampai tujuan akhirnya semua doa kita menyertai perjalanan," Himbaunya

Kasrem mengakhiri pelepasan sore itu.
Kepulangan Satgas Unras tersebut membuat kesan tersendiri bagi warga Sorong. 

"Mereka selama disini ramah dan menyatu dengan rakyat. Beberapa kali mereka juga turun tangan membantu masyarakat yang kesulitan, misalnya membersihkan lingkungan, rumah tinggal dan rumah ibadah. Kami merasa aman dan nyaman bersama mereka. Terima kasih Pak Tentara," ujar Yunus salah satu warga Remu.

Adapun satuan BKO Unras terdiri dari Yon Armed 13 Kostrad, Yon Armed 9 Kostrad dan Yonif PR 432 Kostrad. *