PT PMP Raih Penghargaan Kemenkes untuk Program Ibu dan Anak

Ditto Santoso, kepala departemen pelibatan dan pengembangan masyarakat (CID) ANJ bersama Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH /Istimewa

SORONG–PT Putera Manunggal Perkasa, unit usaha Grup PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang beroperasi di Kabupaten Sorong Selatan, meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI atas komitmen perusahaan terhadap upaya pelibatan dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.  

Dalam rilis yang diterima malam ini, penghargaan Mitra Bakti Husada kategori Corporate Social Responsibility (CSR) untuk program Ibu dan Anak diberikan kepada PMP sebagai bukti nyata dukungan pihak swasta dalam pembangunan kesehatan. Program yang dilaksanakan oleh PMP ini dinamakan Program Matahariku (Menggapai Cita dan Harapan untuk Generasi Kuat dan Unggul).

Ditto Santoso, Kepala Departemen Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat (CID), hadir sebagai perwakilan ANJ untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di Jakarta (12/11).

Dalam sambutannya di acara peringatan tersebut, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menggarisbawahi pentingnya kontribusi berbagai pihak dalam mewujudkan Indonesia sehat, tak terkecuali pihak swasta.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan bagi komitmen kami untuk melibatkan dan mengembangkan kapabilitas lembaga kesehatan setempat beserta masyarakat sebagai mitra kerja kami di Sorong Selatan,” ujar Direktur Keberlanjutan ANJ Fakri Karim dalam siaran persnya.

Penghargaan ini, menurut Fakri Karim, adalah sebuah capaian yang membanggakan dan memotivasi ANJ untuk selalu aktif berkontribusi dalam upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui inisiatif-inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar area operasional perusahaan. 

“Di tengah berbagai tantangan berat dan ekspektasi yang tinggi terhadap operasi bisnis kami, penghargaan ini adalah sebuah pencapaian yang membanggakan tidak hanya untuk PMP tetapi seluruh insan ANJ,” ujar Fakri, yang juga berterima kasih kepada Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII) sebagai mitra kerja dalam pelaksanaan Program Matahariku di Sorong Selatan. 

Program Matahariku dilakukan di beberapa Distrik Kais di Kabupaten Sorong Selatan – area operasi PT PMP – dalam bentuk penguatan kapasitas bagi lembaga kesehatan lokal dan tenaga medis, peningkatan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat, pemberdayaan kader kesehatan di masyarakat, serta peningkatan kesehatan ibu dan anak. Program yang sama juga telah menerima penghargaan dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) pada bulan April lalu. *