Prajurit Kostrad Bantu Bangun Masjid Raya

Prajurit TNI saat membantu pembangunan masjid Raya Kota Sorong/Istimewa

SORONG-Tidak hanya menjaga keamanan di wilayah Sorong, Satgas Unras Yonarmed 13/2/1 Kostrad yang sudah sebulan lebih berada di Sorong, Papua Barat berbaur bersama masyarakat setempat. Salah satunya yaitu melaksanakan kegiatan karya bakti untuk pembangunan Masjid Raya Al - Akbar Sorong.

Kegiatan yang dipimpin oleh Letda arm Wing Daryatno selaku Danton 1 Kompi 3 Yonarmed 13/Kostrad mengatakan bahwa TNI adalah adalah bagian dari rakyat, bersama rakyat TNI kuat. Apalagi membangun rumah ibadah, bantuan tenaga dilakukan prajurit Kostrad dan unsur TNI lainnya agar pembangunan rumah ibadah lekas selesai dan dapat dipergunakan oleh masyarakat, khususnya kaum Muslim.

Ketua panitia pembangunan Masjid Raya, H. Rahman  berterima kasih kepada TNI khususnya Yonarmed 13 yang sangat antusias membantu tenaga untuk pembangunan masjid terbesar yang didirikan sejak tahun 1970.

Menurut Rahman, Masjid Raya dibangun ulang karena sudah tidak mencukupi atau menampung jamaah saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Disamping itu pula sering mengalami banjir hingga masuk ke dalam masjid.

"Prajurit satgas unras yonarmed 13 bekerja dengan semangat yang ditunjukkan kepada para jamaah dan masyarakat yang bekerja untuk memacu lebih semangat dan peduli bekerja. Mudah-mudahan kerjasama ini akan berlanjut kedepannya dalam bergotong royong dengan masyarakat," terangnya.

Pembangunan Masjid Raya ini sudah berjalan sekitar 1 tahun 3 bulan yang direncanakan pembangunan sampai 5 tahun, dengan dana yang direncanakan 70 Milyar yang bersumber dari pemerintah propinsi pemerintah kabupaten dan para jamaah Masjid Raya Kota Sorong. 

Dalam kegiatan karya bakti diikuti dari Satgas Unras Yonarmed 13 Kostrad dan bekerja sama dengan Kodim 1802 dan warga masyarakat sekitar 50 orang.

Masyarakat melaksanakan gotong royong agar masjid raya dapat dimanfaatkan kembali oleh warga sekitar. Dengan datangnya anggota dari satgas unras yonarmed 13 Kostrad tersebut warga sangat senang dan antusias atas kegiatan ini,  hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya warga yang turun ke lokasi pembangunan. Ketua pembangunan Masjid Raya Kota Sorong  memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada prajurit TNI. *