Kehumasan Bawaslu Papua Penting dan Strategis

Staf Humas Bawaslu Kabupaten Kota se-Provinsi Papua saat mendapatkan pelatihan dari Ketua IJN Papua-Papua Barat, Vanwi Subiyat /Yonas Randan Bua

JAYAPURA - Dua orang yang mewakili organisasi Jaringan Jurnalis Indonesia (IJN) Papua-Papua Barat, Robert Vanwi Subiyat (Ketua) dan Abdel Gamel Naser memberikan pelatihan menulis dan teknik pengambilan foto untuk staf humas Bawaslu Kabupaten-kota Provinsi Papua, di dalam Rapat Operasi Teknis Peningkatan Kehumasan Bawaslu, Sahid Hotel, 28-29 Oktober 2019.

Tujuan Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dalam kehumasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten-kota se-Provinsi Papua.

Dalam kegiatan tersebut, staf humas Bawaslu membuat tulisan yang berisi fakta singkat dan jelas.

“Fakta penting bagi bidang kompilasi pesan yang disampaikan kepada masyarakat melalui jurnalis,” ujar Vanwi yang juga selaku Pimpinan Redaksi media online wartaplus.com , Selasa (29/10).

Menambahkan, peran kehumasan pada Bawaslu dikembalikan penting dan strategis karena apa yang telah dilakukan Bawaslu bersama jajarannya harus bisa tersampaikan kepada masyarakat. Menurutnya, Bawaslu perlu mengatur tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) sekretariat bidang kehumasan agar dapat berjalan optimal.

"Penulisan berita merupakan salah satu tugas bidang yang perlu dilakukan agar Bawaslu dan jajarannya dapat tersampaikan kepada masyarakat dan peserta Pemilu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengadakan pelatihan tentang berita," jelasnya.

Sementara itu, Meki Tuwo yang dikeluarkan dari Kabupaten Jayawijaya mengungkapkan, lebih dari Bawaslu bukan berlatar belakang jurnalis sehingga dengan pelatihan ini pihaknya sangat terbantukan dan bisa mendapatkan ilmu yang menghasilkan yang baik dan benar.

Hal yang sama juga disampaikan Staf Valentina dari Pegunungan Bintang dan George Erradus dari Bawaslu Kabupaten Mamberamo Raya. Mereka menilai pelatihan ini perlu dilakukan karena dapat meningkatkan kapasitas kehumasan.

“Ini sangat penting karena masyarakat perlu tahu apa saja yang dilakukan di Bawaslu Kabupaten dan Kota,” ujar George.

Pelatihan singkat ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan staf humas Bawaslu Kabupaten-Kota se-Provinsi Papua. **