Patroli dan Razia Ditingkatkan Jelang Kunjungan Presiden ke Papua

Aparat Kepolisian saat menggelar razia kendaraan/Cholid

JAYAPURA - Kepolisian Daerah Papua meningkatkan patroli dan razia di tiga daerah yang menjadi tujuan kunjungan Presiden Joko Widodo di bumi cenderawasih. Ketiga daerah dimaksud, Wamena-Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Jelang kunjungan beliau (Jokowi), kegiatan kepolisian baik razia dan patroli kita tingkatkan. Ini juga untuk menyakinkan aparat kepolisian akan memberikan perlindugan kepada masyarakat di Wamena maupun Jayapura,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Sabtu (26/10) sore.

Kata Kamal, situasi keamanan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya maupun Jayapura relatif kondusif menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo, yang diagendakan pada Senin (28/10).

“Wamena, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dalam kondisi kondusif. Mudah-mudahan kehadiran beliau (Jokowi) di tanah Papua akan memberikan warna lain dalam arti kata untuk segera memulihkan masyarakat yang ada di Wamena,” ujar Kamal

Soal pengamanan Presiden Jokowi, menurut Kamal, telah menjadi kewenangan pihak Paspampres. Namun, kepolisian tetap dilibatkan dalam pengamanan wilayah. “Keterlibatan rekan-rekan kepolisian ikut serta dalam pengamanan bersama TNI. Itu menjadi tanggung jawab kita, diminta atau tidak diminta,” terangnya.

Sebelum kunjungan Presiden, Kamal menambahkan, Mendagri, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian juga telah meninjau Wamena dan Jayapura bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Plt Kapolri, Komjen Aridono.

Dia berharap masyarakat agar tidak terganggu dari kegiatan kepolisian tersebut. “Harapan kami masyarakat tidak terganggu karena peningkatan razia dan patroli, baik pagi hari, siang hari hingga dini hari,” tandasnya.**