Pangdam Cenderawasih Pimpin Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Papua

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan saat melakukan vicon dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto usai apel pengamanan pemilu 2024/Pendam17

JAYAPURA, wartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han, memimpin Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024, bertempat di lapangan Makodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura, Kamis (01/02/2024).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M., dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan apel pengamanan dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., Pj bersama jajaran Forkopimda Papua, Ketua KPU dan Bawaslu, para Pejabat Utama Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua.

Apel gelar pengamanan secara serentak diikuti oleh seluruh personel Kodam jajaran TNI AD secara Virtual/Vicon bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E.,M.Si di Lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Apel gelar Pengamanan Pemilu ini untuk melihat secara langsung kesiapan personel dan alat perlengkapan yang akan digunakan dalam mendukung pengamanan Pemilu dan mengantisipasi dinamika yang mungkin terjadi pada pelaksanaan Pemilu. Sedangkan pasukan yang mengikuti apel gelar pengamanan Pemilu melibatkan seluruh prajurit Kodam, Lantamal X, Lanud Silas Papare," kata Kapendam Chandra.



Sementara itu dalam amanatnya, Pangdam Izak mengatakan 14 Februari 2024 akan dilaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif. Untuk itu, sebagai abdi negara dan aparat keamanan harus tanggap dan responsif dalam menyambut dan menyukseskan agenda nasional.

Pangdam berharap kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan memastikan mengerti akan tugas serta tanggung jawabnya.

"Marilah kita bertekad dan melaksanakan tugas ini dengan sebaik- baiknya, namun tetap waspada dan tingkatkan kerjasama dan komunikasi dengan semua pihak agar kita mampu mewujudkan suasana aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu di wilayah Papua yang kita banggakan ini," ajak Pangdam.



Ia meminta personel TNI agar bertindak sesuai prosedur dan menjaga solidaritas, serta tetap memegang teguh Netralitas TNI.
"Bagi personel yang terlibat pengamanan Pemilu agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya serta tetap meningkat kewaspadaan,” tekannya.

Dihadapan Panglima TNI dalam vicon, Pangdam menyampaikan kesiapan pengamanan Pemilu.

"Semua TPS dapat terjangkau, meskipun dihadapkan dengan kondisi cuaca dan sistem pemilihan secara Noken di beberapa Daerah. Secara umum dalam keadaan aman, meskipun ada tanah longsor, namun telah dibantu oleh Prajurit TNI yang berada di Pos," ungkap Pangdam.

Merespon apa yang disampaikan Pangdam, Panglima TNI mengatakan terima kasih kepada Pangdam karena telah menyiapkan pengamanan Pemilu, sehingga diharapkan meningkatkan koordinasi dan komunikasi melekat dengan Forkopimda, KPU dan Bawaslu dan masyarakat setempat.**