Blusukan ke Pasar, Kapolres Biak Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Kapolres Biak Numfor, AKBP Mada saat berinteraksi dengan masyarakat di pasar/Istimewa

BIAK - Demi menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, banyak cara yang dilakukan agar Polri lebih dekat dengan masyarakat, Seperti yang dilakukan Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta,SIK.,M.Si bersama jajaran yang melakukan blusukan ke sejumlah pasar yang ada di Biak, salah satunya Pasar Ikan Biak, Kamis sore, (17/10).

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Biak Numfor menyapa dan berdialog secara langsung dengan pedagang maupun warga yang membeli atau melintas di areal pasar.

Menurut Kapolres, blusukan kamtibmas ini sebagai bentuk kebersamaan Polri dan masyarakat dalam menjaga segala bentuk gangguan kamtibmas. Sebab menjaga, Kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama.

Selain itu peran aktif dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Biak Numfor terlebih jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI serta pelantikan anggota DPRD Kabupaten Biak Numfor terpilih.

"Tidak hanya kegiatan formal saja yang terus dilakukan tetapi yang non formal seperti blusukan kamtibmas seperti ini harus lebih banyak dilakukan agar lebih menyentuh dan mengena langsung ke masyarakat, agar jika masyarakat mengalami kesulitan maka keberadaan polisi siap untuk membantu,"ungkap AKBP Mada dalam siaran persnya.

Blusukan kamtibmas ini selain ke pusat keramaian masyarakat, kata Mada pihaknya pun juga menyambangi tempat-tempat ibadah.

"Saya sudah memerintahkan kepada seluruh personil Polres Biak yang nasrani kalau hari minggu ke Gereja, pakai pakaian dinas, begitupun yang muslim kalau mau sholat jumat pakai pakaian dinas dengan tujuan agar masyarakat tau bahwa kami Anggota Polri selalu ada di tengah masyarakat,"tegasnya

Sementara itu, Kepala Pasar Ikan Biak Yoshua Rumbiak merasa senang dengan kehadiran Kapolres dan jajaran yang melihat secara langsung aktifitas warga di Pasar.

"Kami bangga dan berterima kasih karena ini pertama kalinya Kapolres dan jajarannya hadir bersama-sama dengan kami di pasar ini dan mendengar secara langsung keluhan ataupun aspirasi dari masyarakat,"ungkap Yoshua Rumbiak.

Yoshua menambahkan bahwa perlu adanya Pos Polisi di areal pasar ikan, agar segala macam aktifitas masyarakat dapat berjalan dengan keamanan dan lancar.

Selain itu, diwaktu yang bersamaan Wakapolres Biak Numfor Kompol Tonni Upuya, SE bersama personil juga melakukan blusukan Kamtibmas di Pasar Darfuar.**