Nono Sampono: Masalah Papua karena Ada Kesalahan Nasional

akil Ketua DPD Republik Indonesia, Dr. Nono Sampono/Istimewa

MANOKWARI- Wakil Ketua DPD Republik Indonesia, Dr. Nono Sampono mengatakan, pihaknya akan mendorong segera pembentukan panitia khusus (pansus) Papua di DPD RI untuk menyelesaikan masalah Papua.

Sampono menegaskan bahwa penyelesaian masalah HAM Papua bagian dari tanggung jawab Negara. Apalagi Papua dalam beberapa waktu belakangan ini terjadi letupan. Itu artinya masalah Papua jangan melihat secara lokal, sebab banyak faktor. 

Misalnya pengaruh lain di kawasan Pasifik juga berpengaruh, terutama terhadap masalah di Papua. Kata Nono, masalah Papua jangan dilihat dari sisi daerah dan jangan  diselesaikan secara daerah, sebab ini juga masalah Nasional yang harus diselesaikan.

Menurutnya, masalah Papua bisa saja karena kesalahan negara. Kaitan dengan pansus Papua, Nono berpendapat bahwa sudah melibatkan alat kelengkapan DPD. 

"Jadi pansus Papua ini dibentuk untuk singkronisasi antara komite 1, 2, 3 dan 4. Itu artinya dalam penyelesaian masalah harus dibentuk pansus" kata Sampono usai memberikan kuliah ilmiah di acara wisuda STIH Manokwari, Kamis (18/10).

Lanjut dia, DPD hadir karena mewakili masyarakat adat, maka sebagai bentuk aspirasi masyarakat Papua dan bangsa ini, maka pansus Papua harus diwujudkan.*