Isu Provokatif dan Hoax Memicu Terjadinya Konflik Horizontal

Menkopolhukam : TNI-Polri Siap Menjamin Keamanan di Papua

Menkopolhukam Wiranto saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau lokasi kerusuhan di Wamena/Istimewa

JAYAPURA-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjaton bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menjamin keamanan bagi masyarakat di Kabupaten Wamena pasca kerusuhan 23 September lalu.

Hal tersebut diutarakan Menkopolhukam Wiranto ketika diwawancarai usai meninjau langsung lokasinya kerusuhan dan Posko pengungsian di Wamena Kabupaten Jayawijaya, Selasa (8/10) siang.

Menurut Wiranto, jaminan keamanan sudah di sampaikan langsung ketika dirinya bersama Panglima TNI dan Kapolri berinteraksi langsung dengan para korban kerusuhan.

"Tadi kami sudah sampai kepada masyarakat terlebih khusus para korban untuk jaminan keamanan akan di berikan oleh Pihak penegak hukum dan itu sudah disampaikan Bapak Kapolri dan Panglima," singkatnya.

Ia pun menerangkan yang menjadi tugas saat ini, ialah pemulihan pasca kerusuhan yang terjadi, namun dari pantauan aktifitas masyarakat sudah kembali normal termaksud pemerintah.

"Untuk pemulihan segara dilakukan oleh pemerintah, baik pemulihan fisik termaksud pemulihan kebersamaan, dan itu akan kami laporan kepada bapak Presiden," cetusnya.

Ia pun berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Papua untuk tidak mudah terpancing dengan isu-isu provokatif dan hoax yang dapat memicu terjadinya konflik horizontal di tengah masyarakat.

"Wamena saat ini sudah aman dan damai, sehingga masyarakat jangan mudah percaya terkait informasi bahwa di Papua khususnya di Wamena masih kacau, rusuh dan lainnya. Yang saat ini ialah bagaimana mana pemerintah berusaha untuk memulihkan kondisi pasca kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu," tegasnya.*