Peduli Lingkungan, Kodam Cenderawasih Tanam 5.800 Bibit Pohon Mangrove

Kodam XVII/Cenderawasih bersama Polda Papua dan Pemprov Papua menanam 5.800 pohon mangrove di Kampung Engros Tobati, Jayapura, Senin (07/10) siang/Pendam

JAYAPURA – Dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI, Kodam XVII/Cenderawasih bersama Polda Papua dan Pemprov Papua menanam 5.800 pohon mangrove di Kampung Engros Tobati, Jayapura, Senin (07/10) siang.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, mengatakan, penanaman pohon magrove ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan hidup. Ia berharap dengan penanaman mangrove ini akan mencegah erosi dan abrasi pantai.

“ Dengan penanaman mangrove yang kita lakukan hari ini semoga bisa mengembalikan ekosistem terutama di kawasan pesisir, karena hutan mangrove yang bagus merupakan pertahanan yang pertama untuk menjaga ekosistem laut, meningkatkan populasi ikan serta meningkatkan pangan di bidang kelautan,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam rilis yang diterima Wartaplus.com, Senin (7/10) petang.

Manurutnya, pohon mangrove sangat penting manfaatnya. Selain melestarikan ekosistem, tanaman itu juga berperan menjaga daratan jika gelombang besar, terutama tsunami yang ditakutkan melanda.

“ Hari ini kita menanam 5.800 bibit pohon mangrove, semoga bermanfaat bagi masyarakat yang berada di Kampung Engros Tobati ini. Hal ini sejalan dengan tugas TNI dimana membantu tugas pemerintah daerah untuk mempersiapkan potensi Nasional dalam membantu mensejahterakan rakyat,” tandasnya.**