Ini Harapan Pemkab Mappi untuk Kegiatan TMMD Kodim Merauke di Kampung Kogir

Pembukaan Satgas TMMD di Kampung Kogir dipimpin Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Suud/SatgasTMMD

MAPPI - Wakil Bupati Kabupaten Mappi, Jaya Ibnu Su’ud membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-106 Kodim 1707/Merauke di Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Rabu (2/10)

Acara pembukaan yang berlangsung dalam upacara dipimpin Wakil Bupati Mappi, sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Lettu Inf Antonius Kalambia yang merupakan Komandan Kompi Satgas TMMD Ke-106 Kodim 1707/Merauke.

Tema yang diangkat dalam kegiatan TMMD kali ini yaitu ”Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Masyarakat,"

Dalam sambutannya Bupati Mappi Kristosimus Agawemu yang dibacakan oleh Wakil Bupati berharap, melalui program seperti ini dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di kampung-kampung mengingat proses perencanaannya selalu di awali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat.

Menurut Bupati, TMMD merupakan wahana untuk meningkatkan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional melalui kegiatan yang terintegrasi dengan seluruh masyarakat di kampung secara berkesinambungan.

”TMMD yang Ke-106 di Kampung Kogir merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat secara umum untuk membangun insfrastruktur kampung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah” ujar Bupati seperti dikutip dari rilis yang diterima redaksi wartaplus.com

Pembukaan TMMD ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kegiatan kepada perwakilan anggota Satgas TMMD ke-106, serta penandatanganan naskah berita acara oleh Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. Selaku Dansatgas TMMD ke-106 bersama Wakil Bupati Kab. Mappi Jaya Ibnu Su’ud sebagai tanda dimulainya kegiatan TMMD ke-106 di Kampung Kogir Distrik Minyamur Kab. Mappi.

Fokus Kegiatan

Sementara itu Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. Selaku Dansatgas TMMD ke-106 usai pelaksanaan upacara pembukaan TMMD menjelaskan bahwa, pada kegiatan TMMD ini difokuskan pada dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur (20 unit rumah panggung) dan non fisik seperti pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, peternakan dan penyuluhan kesehatan.

 

“Pada kegiatan TMMD ke-106 Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kampung Kogir ini difokuskan dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Sasaran fisik berupa pembangunan 20 unit rumah panggung sedangkan non fisik melaksanakan seperti pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, peternakan dan penyuluhan kesehatan serta kegiatan lain yang bertujuan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat Kampung Kogir untuk lebih baik lagi kedepannya dalam membangun kampung”. Terang Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P.

 

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD Ke-106 Pabung Kab. Mappi Mayor Inf Artiono, Pabung Penugasan Kodim Kab. Mappi Mayor Inf Made Marjana S.Pd., Wakapolres Mappi Kompol Sutarman, Danramil 1707-07/Kepi Lettu Inf Suriyan, Asisten 3 Bidang Pembangunan Kab. Mappi Mauridsius Kanakaimu, Kadis PUPR Kab. Mappi Ir. M. Daswil, M.M., Kepala Kampung Kogir Kanisius K. Kainaghai dan para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat Kampung Kogir serta 260 orang yang terdiri dari peserta upacara dan tamu undangan.**