Jumlah Pengungsi Wamena Menuju Jayapura Tembus Empat Ribu Orang

Para pengungsi yang turun dari peswat Hercules di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura/ Andy

SENTANI - Gelombang pengungsi dari Wamena menuju Jayapura terus bertambah, hingga Senin malam bertambah jumlah pengungsi yang tiba di Pangkalan Ops Lanud Silas Papare Jayapura membeli 4.588 orang.

"Untuk hari ini ada tujuh kali lipat yang dilakukan dan dibawa 1,275 orang, jadi total 4,500 orang," kata Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso untuk dikirim ke Sentani, Senin (30 / 9) sakit.

Sementara jumlah pengungsi yang ditampung di posko penampungan kembali bertambah / dari 658 orang menjadi 725 orang.

“Untuk pengungsian yang ditampung di aula Lanud Silas Papare Jayapura ada 101 orang / Yonif 751 / Penunggang 197 orang, Rindam 17 Cenderawasih 160 orang, gedung Tabita 160 orang, Musholla Al Taqwa 66 orang dan halaman Masjid Al-Aqsa sentani 41 orang,” katanya .

Para pengungsi yang sementara ditampung ini rencananya akan kembali ke kampung halamanya menggunakan pesawat komersil, sementara sebagian besar akan menggunakan kapal pelni dan pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara.

Danlanud menambahkan, jumlah ini akan terus bertambah karena masih ada pengungsian di Wamena yang akan turun ke Jayapura.

“Kita akan menambahkan satu pesawat lagi, sehingga akan ada tiga pesawat yang akan mengangkut para pengungsi ini ke Jayapura. Ketiga pesawat ini akan melakukan tiga kali lipat untuk menjemput para pengungsi, ”katanya. *