Pengungsi di Kodim 1702 Jayawijaya Mulai Terserang Penyakit

Tampak salah satu pengungsi yang dirawat di Posko Kesehatan Kodim 1702/Jayawijaya/Andy

WAMENA-Para pengungsi yang berada di lokasi pengungsian Kodim 1702/Jayawijaya kini mulai terserang penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), Diare serta Dispepsia.

Anggota tim Kesehatan Kesehatan Kodam (Kesdam) XVII Cenderawasih, Letda CKM Al Hafiz Utama menyebutkan, sejak hari pertama hingga hari ketujuh tercatat jumlah pasien yang ditangani di Pos Kesehatan (Poskes) Kodim 1702 Jayawijaya telah mencapai 714 orang pasein.

“ Mulai hari pertama hingga hari ketiga itu didominasi pasien luka-luka akibat kerusuhan. Sementara hari keempat hingga hari ketujuh ini mulai didominasi oleh pasien di pengungsian yang menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), Diare dan Dispeksia,” kata Letda CKM Al Hafiz Utama kepada wartawan di Wamena, Minggu (29/9) siang.

Sementara untuk stok obat, Hafiz mengaku bahwa hingga saat ini stok obat di Poskes Kodim 1702 Jayawijaya masih mencukupi karena mendapatkan obat dari Dinas Kesehatan Jayawijaya.

“Hingga hari ini stok obat masih cukup, namun kita tetap membutuhkan obat-obatan sebab jumlah pasien terus bertambah dan stok obat terus berkurang,” ujarnya.

Sementara untuk tenaga medis, Hafiz mengaku bahwa hingga saat ini masih mencukupi karena di backup oleh Dinas kesehatan Provinsi Papua.“Kalau tenaga medis disini masih cukup karena terdapat 30 tenaga kesehatan gabungan dari Dinkes Provinsi dan Kesdam yang ditempatkan di Posko kesehatan Kodim, jadi kami masih bisa menangani para pasien,”tandasnya.*