Pesawat Twin Otter Diduga Tabrak Gunung di Distrik Oye

Tampak serpihan pesawat yang terlihat dari udara/ Humas Polda Papua

JAYAPURA – Pesawat twin otter milik Pt. Karpediem Aviasi Mandiri dengan nomor registrasi Pk-Cdc yang hilang kontak sejak Rabu lalu diduga menabrak gunung di Distrik Oye, Kabupaten Mimika, Papua.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, mengungkapkan, pesawat tersebut sudah ditemukan oleh tim SAR gabungan, hanya saja cuaca yang kurang bersahabat membuat tim SAR belum bisa mencapai lokasi.

“ Tadi pagi sudah sempat terbang menuju lokasi, namun terkendala cuaca sehingga tim belum mencapai lokasi. Rencana pencarian akan dilanjutkan besok pagi,” kata Kabid Humas Polda Papua, AM Kamal di Kota Jayapura, Senin (23/9) sore.

Kamal mengungkapkan, pesawat twin otter yang hilang kontak saat perjalanan dari Bandara Mozes Kilangin Mimika menuju bandara Ilaga, Puncak diduga menabrak gunung di Distrik Oye Kabupaten Mimika.

“ Dugaan kita, pesawat ini menabrak gunung di Distrik Oye Kabupaten Mimika karena banyak serpihan yang ditemukan di sekitar lokasi. Sementara untuk kondisi crew dan penumpang belum bisa dipastikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pencarian pesawat dibagi dalam 3 tim dengan menggunakan pesawat dan helikopter.

“ Satu tim dibagi rata-rata sekitar 8 orang. Rencananya evakuasi akan dilakukan menuju Ilaga dan dilanjutkan menuju Timika,” tandasnya.**