PDIP Papua Mulai Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah Untuk Pilkada 2020

Wakil Ketua Bidang Pemilu, DPD PDIP Papua, Erwin Kbarek/Istimewa

JAYAPURA, - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Papua mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah untuk 11 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Papua.

Wakil Ketua Bidang Pemilu, DPD PDIP Papua, Erwin Kbarek saat dihubungi via telepon, Rabu (11/9) mengatakan melalui rapat dan arahan dari pimpinan partai bapak John Wempi Wetipo, pendaftaran akan dilakukan di tingkat DPC dan DPD.

Pendaftaran dibuka di sejak tanggal 6 sampai 16 September di tingkat DPC, lalu tingkat DPD dibuka sejak tanggal 6-20 September 2019 bertempat di Kantor DPD PDIP Papua, Jalan Asrama Haji, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura.

"PDI Perjuangan menjaring kandidat dari kader partai dan masyarakat umum, setahun sebelum Pilkada serentak 2020. Ini bukti keseriusan PDI Perjuangan dalam menggodok calon-calon pemimpin daerah yang siap bekerja total, bekerja habis-habisan, semata-mata demi kesejahteraan masyarakat di daerahnya," kata Erwin.

Dia menjelaskan, tahapan ini dilakukan PDIP guna menghasilkan calon pemimpin yang berkualitas dan mampu memenuhi ekspektasi public. Dimulai dari menerima pendaftaran, seleksi administrasi, melakukan penjaringan langsung hingga akar rumput dan fit and proper test.

“Dengan melakukan penjaringan jauh-jauh hari, PDIP ingin menghasilkan calon pemimpin daerah yang berkualitas dan mampu memenuhi ekspektasi publik,” jelasnya.

Lanjut kata Erwin, disamping itu DPP PDIP juga akan melakukan verifikasi, tes psikologi, tes kemampuan analisis kebijakan publik. Juga akan ada sekolah calon kepala daerah/ calon wakil kepala daerah, di mana para kandidat mengikuti pendidikan.

Dengan tahapan-tahapan itulah, bakal terseleksi kandidat dengan kualitas pengetahuan dan psikologi yang mumpuni untuk memajukan daerah.

"Karena bagi PDIP, penentuan kandidat dalam Pilkada bukan ajang transaksi politik, tapi sebuah langkah strategis yang penuh kontemplasi untuk memilah dan memilih hanya calon yang benar-benar terbaik bagi rakyat," tegasnya.

Erwin menambahkan, adapun syarat-syarat pendaftaran sesuai adalah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berkas-berkas tersebut akan diberikan oleh panitia pada saat pendaftaran.

"Pada 2020, akan ada 11 kabupaten di Papua, yang menggelar Pilkada. Silakan bagi seluruh WNI yang ingin mengabdikan diri memajukan 11 kabupaten untuk mendaftar baik di tingkat daerahnya sendiri atau langsung ke sekretariat DPD PDIP Papua. Prinsipnya, DPD PDIP Papua membuka pendaftaran seluas-luasnya, baik untuk kalangan internal maupun eksternal partai,"serunya