Massa Pendemo Kibarkan Dua Bendera Bintang Kejora di Amban Manokwari

Dua Bintang Kejora dikibarkan massa saat aksi demo berlangsung/Alberth

MANOKWARI- Dua bendera bintang kejora (BK) dikibarkan massa pendemo di jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat, Selasa (3/9). Tak hanya BK tetapi massa juga teriak Papua merdeka dan menyanyikan lagu tanah Papua mewarnai aksi massa yang dibarikade aparat keamanan. Pantauan langsung Wartaplus.com di lokasi titik kumpul massa, terlihat jelas dua BK itu dinaikan menggunakan kayu ditengah-tengah massa.

Terlihat bendera Bintang Kejora dalam aksi massa di Manokwari/Alberth

Padahal terlihat jarak antara polisi dan massa saat BK dinaikkan kurang lebih 100 meter, namun massa tetap kelilingi BK saat berkibar. Sebelum dan sesudah kibarkan BK, massa juga berdoa sebelum  turunkan BK. Polisi juga hanya melihat tanpa harus bertindak. 

Pende Mirin, satu dari anggota penghubung aksi massa mengatakan bahwa terdapat tiga tuntutan yang akan disampaikan kepada Gubernur Papua Barat. Satu, menentukan nasib sendiri. Dua, massa minta agar jurnalis asing masuk ke Papua, dan tiga, kirim tim investigasi ke Papua. "Jadi cuma tiga tuntutan yang akan kami sampaikan ke gubernur,"ungkap Pende.

Secara terpisah, Wakapolda Papua Barat, Kombes Pol Tatang turun ke lokasi demo di Amban. Tatang juga berterima kasih kepada semua masyarakat yang tergabung dengan massa yang sudah lakukan aksi dan tertib hingga bubar. Kaitan dengan rencana aksi pada Rabu (4/9) besok, Kombes Pol Tatang mengatakan silahkan saja asalkan semuanya berjalan dengan aman dan tertib.*