Kanwil Kemenkum HAM Papua Gelar Upacara HUT RI 74 dengan Gaya Khas Papua

Jajaran Staf Kanwil Kemenkum HAM Papua Saat Mengikuti Upacara HUT RI ke-74 dengan Mengenakan Topi Khas Papua / Istimewa

JAYAPURA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kemenkum) HAM Papua menggelar upacara HUT RI ke-74 yang berlangsung di Lapangan upacara Kanwil Kemenkum HAM Papua, Kotaraja, Jayapura, Sabtu (17/8/19) dengan gaya khas Papua

Pasalnya, seluruh jajaran staf kanwil Kemenkum HAM Papua menggunakan topi ciri khas Papua. Hal itu dilakukan guna menghargai kearifan lokal Tanah Papua.

"Saat ini, kita telah memiliki tata nilai budaya kerja yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja Kemenkum HAM. PASTI (Profesional, Akuntabilitas, Sinergitas, Transparan dan Inovatif)," demikian sambutan Menteri Hukum dan HAM yang dibacakan Plh Kepala Kanwil Kemenkum HAM Papua, Sri Yuwono sambil mengenakan topi kebesaran adat Papua.

Sri Yuwono mengatakan salah satu faktor Sumber Daya Manusia menjadi kunci utama berhasilnya sebuah tujuan organisasi, karena itu pengelolaan ASN dan peningkatan kapasitas SDM menjadi perhatian serius Kemenkum HAM.

"Tema kemerdekaan tahun ini "SDM Unggul Indonesia Maju" sangatlah tepat dikaitkan dengan kondisi Bangsa saat ini, sedang mencurahkan potensi dan sumber daya menuju Indonesia emas 2045," jelasnya.

Merit Sistem

Dikatakan, pelaksanaan merit sistem, Kemenkum HAM telah mengawali dengan rekrutmen pegawai berdasarkan kompetensi dengan prinsip adil dan terbuka.

"Kesejahteraan pegawai Kemenkum HAM berhasil memperoleh remunerasi 80%, ini semua adalah prestasi kita," ungkapnya.

Dijelaskan, esensi dari SDM unggul adalah SDM yang berintegritas, amanah, bertanggungjawab, profesional, mampu menjadi inovator. Sebagai reward, Kemenkum HAM pada tahun ini memberikan penghargaan Karya Dhika Madya, Karya Dhika Prakarsa dan Penghargaan Pegawai Teladan.

Disamping itu, Kepala Divisi Keimigrasian, Hermansyah Siregar mengaku optimis dalam mengisi kemerdekaan ini. Divisi Keimigrasian terus mengawal Negara ini mulai dari Perbatasan dan berkomitmen menjaga NKRI dengan meningkatkan kapasitas SDM petugas Imigrasi dalam mengawasi mobilitas masuk dan keluar WNI dan WNA ke Wilayah Indonesia.

"Tentu berbagai perangkat aplikasi maupun sarpras yang ada tidak akan mampu mendukung pelaksanaa tusi tanpa didukung kapasitas SDM yang unggul," ujar Hermansyah.

Acara HUT RI yang ke 74 kali ini juga dirangkaikan dengan pembagian berbagai hadiah hiburan bagi pemenang perlombaan yang diselenggarakan Kanwil Kemenkum HAM Papua dalam rangka turut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI.

Hadir pada Upacara HUT RI 74 Pejabat Pimti Pratama, Pejabat Eselon III, Para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian, Pejabat Eselon IV, V dan seluruh Staf dilingkungan dan Jajaran Kanwil Kemenkum HAM Papua. **