Koarmada III Peringati HUT ke 74 di Tiga Tempat Berbeda

Komando Armada (Koarmada) III mengerahkan ratusan prajurit sebagai pasukan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019/Ola

SORONG- Komando Armada (Koarmada) III mengerahkan ratusan prajurit sebagai pasukan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 secara simultan ditiga tempat yang berbeda, Sabtu (17/8).

Masing-masing di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), dan diikuti para Asisten Pangkoarmada III, Kasatker, dan sejumlah prajurit Koarmada III. 

Upacara di Koarmada III tersebut diawali pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin Irup, kemudian mengheningkan cipta, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Irup membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang didengarkan secara seksama peserta upacara.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., antara lain mengatakan tahun ini pemerintah telah menetapkan tema peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Tema ini menjadi pondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi kita semua selaku prajurit pejuang Matra Laut yang adalah komponen utama pertahanan dan keamanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam  Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Kasal bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik, dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya. Dengan demikian, keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawa-tawar lagi. 
“Kita semua berkeinginan agar TNI AL diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdirik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional,” ujarnya.

Pembangunan fisik kekuatan TNI AL seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan, dan Marinir, lanjut Kasal hanya membutuhkan beberapa tahun saja, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibutuhkan waktu yang lebih panjang. Dengan demikian, perhatian terhadap SDM TNI AL perlu terus ditingkatkan ke depan, sehingga kita mampu menciptakan prajurit profesional yang kompeten dan bermoral. 

Pada saat yang bersamaan, kita juga harus mampu membangun karakter prajurit yang Pancasilais dan memiliki kejuangan yang tinggi, sehingga mampu menghadapi tantangan global dan mampu membendung arus perubahan yang dapat menggerus nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Pada momentum peringatan Kemerdekaan RI tahun ini, Kasal mengajak seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan Angkatan Laut kawasan, tegasnya.  

Selain di Mako Koarmada III, ratusan prajurit Koarmada III juga mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di lapangan Hocky, Kota Sorong dengan Inspektur Upacara Walikota Sorong Drs. Ec Lambert Jitmau, M.M., dan di Alun Alun Aimas Kabupaten Sorong. 

Selain mengerahkan prajurit, Koarmada III juga mengerahkan alutsista, antara lain pesawat udara patroli maritim U-6216 untuk mendukung peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Manokwari, Papua Barat. Sebelumnya,

Kepala Staf Koarmada III bertindak sebagai Irup pada Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia 2019 di Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti, Kota Sorong.*