Jelang HUT RI, KBM Sementara Ditiadakan

Pelajar SD saat mengikuti lomba newarnai/Ola

SORONG-Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia pada 17 Agustus, sejumlah sekolah di Kota Sorong meniadakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
KBM sementara ditiadakan karena pihak sekolah melakukan berbagai kegiatan dalam menyambut HUT RI.

Salah satunya di SD Negeri 26 Kota Sorong, pelajar SD dipandu sejumlah guru melakukan berbagai lomba seperti lomba balap karung, memindahkan bola dengan mulut, memindahkan baju secara estafet, memecahkan balon dan kegiatan daur ulang sampah plastik.

Sedangkan SD Inpres 49 yang bersebelahan dengan SDN 26 menggelar lomba baca puisi, mewarnai, fashion show, paduan suara grup atau solois dan lomba Zumba.

Guru SD Inpres 49, Emilia Sihombing, S.Ag, menjelaskan bahwa lomba yang diadakan setiap tahunnya berbeda agar siswa tidak bosan.

Sedangkan tahun ini diambil lomba tersebut untuk membiasakan pelajar menyukai literasi, puisi dan keberanian mental melalui penampilan diri dalam bakat seni.

"Adapun tujuan dari lomba-lomba ini adalah untuk menanamkan nilai semangat juang anak usia dini supaya tahu NKRI milik mereka, yang harus mereka pertahankan dengan budaya dan semangat juang, serta tetap mengetahui budaya mereka agar tidak kebarat-baratan. Pikiran bisa kebarat tapi tetap anak Indonesia,"ujar Sihombing.

Sejumlah pelajar SD ini senang dengan berbagai perlombaan yang diadakan pihak sekolah. Selain tidak belajar, mereka bisa adu kemampuan dalam berbagai jenis lomba.*