Pangdam Kasuari Tutup TMMD di Maybrat

Bupati Maybrat (kanan) menunjukan keberhasilan TMMD kepada Pangdam XVIII Kasuari/Istimewa

MAYBRAT-Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau menutup rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Alun-alun Faitmayaf Kumurkek, Jalan poros Susumuk-Ayawasi, Distrik. Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, Kamis (8/8).

Dalam Sambutannya Pangdam XVIII Kasuari menyampaikan bahwa upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD Ke 105 tahun 2019 yang dilaksanakan di Kampung Aisa Makiri Distrik Aifat Timur Kabupaten Maybrat. TMMD yang diprogramkan di Maybrat merupakan kali ketiga di tahun 2019.

Adapun tujuan TMMD menurutnya, sebagai wujud pengabdian TNI bersama Kementrian dan Lembaga negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.  

Selanjutnya kegiatan TMMD yang sudah dilaksanakan selama 30 hari dimulai tanggal 10 juli sampai dengan 08 agustus 2019 ini, dalam pelaksanaannya telah berhasil menyelesaikan sasaran fisik berupa pembuatan atau peningkatan ruas jalan raya sepangjang 2,8 km dan sasaran tambahan yaitu pembuatan jembatan penyebrangan, pengecetan gereja, perbaikan rumah masyarakat.

Adapun sasaran non fisik antara lain penyuluhan bela negara, kamtibmas, kehutanan, kesehatan, pertanian, pendidikan, sosial, dan pengobatan masal, serta pemutaran film perjuangan.

Semua itu di harapkan dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas hidup masyarakat ke arah kehidupan sosial yang lebih baik, sejahtera dan mandiri. 

Pangdam pun berpesan kepada jajaran TNI, pemerintah daerah dan masyarakat agar mempertahankan kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan rakyat yang telah dirasakan selama pelaksanaan TMMD ini.

Tingkatkan semangat bekerja dan membangun bersama sebagai bagian dari solusi bagi pembangunan di daerah dan memelihara dan memanfaatkan seluruh hasil TMMD dengan sebaik-baiknya dan teruslah membangun serta mengembangkan semua potensi wilayah.

Pangdam juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Papua Barat, Bupati Maybrat, dan instansi terkait serta kepada seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu bersama personel satgas TMMD menyelesaikan pembangunan sasaran fisik dan non fisik TMMD Ke 105 tahun 2019 di wilayah kodam XVIII Kasuari.

Hadir pula dalam penutupan TMMD Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Bupati Kabupaten Maybrat Bernard Sagrim, Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean, Danden Pom XVIII/I Sorong Letkol Cpm Noerhadi, Danyon Marhanlan XIV Sorong Mayor Mar M.Ali Wardhana, Asisten 2 Sekda Kabupaten Maybrat Ferry Taa, Kepala Dinas Kabupaten Maybrat Magdalena Tenau, Sekda Kabupaten Maybrat Ibu Agustinus Saa, Ketua PHMJ GKI Marthen Luther Aitrem Sawin Pdt Merfin, Kapolsek Aitinyo Iptu Makmun, Kapolsek Aifat Ipda Didi dan disaksikan masyarakat Maybrat yang bersuka cita atas terlaksananya TMMD di kampung mereka.*