Pesparani Katolik Kota Jayapura Resmi Digelar

Foto bersama jajaran pemerintahan,pastor paroki, pengurus LP3KD dan ketua panitia / dok Komsos Jayapura

JAYAPURA - Proses penjaringan peserta Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik tingkat Kota Jayapura yang pertama telah resmi dimulai, diawali dengan Misa Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki Katedral RD. Robby Tangtilintin, Minggu (21/7) lalu. Pesparani pun secara resmi dibuka dan digelar pada Kamis (25/7) kemarin, di Aula St Igantius Paroki Kristus Terang Dunia Waena. 

Dalam sambutannya, Pastor Barnabas Daryana, Pr selaku Pastor Paroki tuan rumah menyambut dengan hangat kehadiran semua peserta perparani tingkat Kota Jayapura.

"Kepada peserta Pesparani untuk dapat memberikan yang terbaik dan menerima keputusan dewan juri sebagai satu kesatuan gereja katolik," ujarnya.

Senada dengan sambutan yang disampaikan oleh Pastor Paroki Kristus Terang Dunia Waena, Pastor Dekan Kota Jayapura Pastor Robby Tangtilintin, Pr mengajak untuk semua peserta berpesta dan menciptakan persaingan yang sehat bukan untuk saling menjatuhkan karena siapapun yang nantinya akan terpilih maka merekalah yang akan mewakili umat katolik Kota Jayapura. 

"Penjaringan ini bukan untuk membuktikan paroki mana yang terbaik namun jadikanlah penjaringan ini sebagai sarana untuk memuliakan Tuhan melalui puji-pujian," jelasnya.

Sementara itu, Wali kota Jayapura yang diwakili oleh Sekretaris kota Jayapura Dr. Frans Pekey, M.Si dalam sambutannya mengatakan, negara melegalkan pembentukan lembaga keagamaan diluar rumah ibadah salah satunya dengan pembentukan lembaga pengembangan dan pembinaan musik dan lagu-lagu keagamaan dengan irama dan ciri khasnya masing-masing. 

Sejak Tahun 2016 melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2016 telah membentuk Lembaga Pengembangan dan Pembina Pesta Paduan Suara Gereja Katolik mulai dari tingkat nasional sampai tingkat daerah termasuk kota jayapura. kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 25-28 Juli 2019 dengan melibatkan 6 Paroki yang berada di kota jayapura

"Pelaksanaan pesparani ini hendaknya dijadikan momentum untuk mengembangkan lagu-lagu, musik dan budaya gereja katolik serta untuk membangun persekutuan dan persaudaraan antara umat katolik yang ada di kota Jayapura," ujar Frans.

Penutupan serta penyerahan hadiah bagi pemenang Pesparani tingkat Kota Jayapura akan dilaksanakan pada Minggu (28/7), di Aula St Ignatius Paroki Kristus Terang Dunia Waena.