Koarmada III Unjuk Gigi di NOWST 2019

Atlet selam Putri Koarmada III (tengah) berfoto usai menerima medali Emas pada Turnamen NOWST 2019 di Jakarta /Istimewa

SORONG-Komando Armada (Koarmada) III yang baru berusia setahun, unjuk gigi dan berhasil merebut  sejumlah medali emas di Kejuaraan Nasional Navy Open Water Sports Tournament (NOWST) 2019 yang digelar sejak Selasa (23/7) di Jakarta.

Dalam rilis yang diterima, Jumat (26/7), atlet selam Koarmada III, Serka Keu/W Novy Mulalinda berhasil merebut 2 medali emas pada cabang olahraga Selam, kelas 5 Points putri dan M Course putri. Serta satu perunggu untuk cabang layar atas nama Absalom Koromat.

Navy Open Waters Sport Tournament 2019  dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Indonesia Jet Sport Boating Association (IJBA) Jet Ski Ancol Jakarta Utara.

TNI Angkatan Laut menyelenggarakan lomba olahraga perairan yang bertajuk Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 yang dilaksanakan di beberapa vanue yaitu Pantai Mutiara Pluit, Sea Front Ancol, Pondok Dayung, Perairan Tanjung Priok, dan Danau Sunter, Jakarta Utara mulai tanggal 23 sampai 27 Juli 2019. 

Cabang olahraga yang dilombakan yaitu Layar, Dayung, Ski Air, Selam, dan Jet Ski serta diikuti oleh 1.420 atlet, baik dari TNI  termasuk Koarmada III, maupun Polri dan umum.

NOWST 2019 adalah kegiatan olahraga perairan yang diselenggarakan oleh TNI AL setiap dua tahun sekali dalam rangka pembinaan personel TNI AL maupun masyarakat umum dibidang olahraga perairan, untuk mendukung TNI AL dalam menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan pertahanan wilayah laut.

Tujuan NOWS Tournament 2019 adalah untuk membangun dan menumbuhkembangkan budaya kepada masyarakat Indonesia agar memiliki jiwa, kepribadian serta kecintaan terhadap tanah air sebagai bangsa maritim yang besar.*