John Wempi Wetipo Resmi Nahkodai DPD PDIP Papua Periode 2019-2024

Jhon Wempi Wetipo (kiri) bersama Ketua DPD periode sebelumnya Eduardus Kaizei/Djarwo

JAYAPURA - Konferensi Daerah (Konferda) ke-V DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua telah menemui hasil dengan menempatkan John Wempi Wetipo sebagai Ketua pada periode 2019-2024.

Usai ditetapkan sebagai ketua DPD PDIP Papua oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP, Komarudin Watubun, Wempi Wetipo mengatakan dirinya akan mengemban amanat dan menjaga tanggung jawab atas jabatan tersebut.

Oleh karena itu, Wempi mengajak para kader yang telah dilantik dalam kepengurusan baru agar bersama-sama merapatkan barisan dan bergandengan tangan dengan satu tujuan.

"Jangan ada perbedaan diantara kita, mari kita tinggalkan pikiran-pikiran kita yang lama dan arahkan pikiran kita ke depan untuk saling bergandengan tangan bergotong-royong dalam membangun partai PDIP di Tanah Papua agar jauh lebih baik dari yang kemarin," ungkapnya usai terpilih sebagai Ketua melalui Konferda ke-V DPD PDIP Papua yang digelar di Aston Hotel Jayapura, Kamis (25/7).

Dirinya juga mengimbau kepada para kader untuk menyiapkan diri menyambut dua agenda penting yakni Kongres yang akan digelar di Bali tahun ini dan juga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 11 Kabupaten yang berada di Papua. 

"Saya berharap kita harus saling mengisi, jangan kita mencari kesalahan orang lain, saya pikir antara saya, Edo Kaize dan Willem Wandik kita semua sama, tujuan kita adalah untuk membesarkan partai. Teman-teman atau rekan-rekan yang sudah terpilih tadi, mari kita rapatkan barisan untuk menghadapi kongres dan juga pemilihan Bupati Wakil Bupati di tahun 2020 mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP, Komarudin Watubun mengimbau kepada kepengurusan yang baru di lantik agar memperhatikan kemajuan partai PDIP kedepan, agar lebih baik dari sebelumnya.

Ia juga menegaskan bahwa semua pengurus harus bisa membedakan antara urusan pribadi dan urusan organisasi.

"Selama ini yang membuat organisasi itu kacau karena tidak bisa membedakan mana urusan pribadi dan organisasi, sehingga organisasi bermasalah. Tantangan kedepan itu semakin berat, oleh karena itu di tuntut kader organisasi  partai harus setia terhadap partai dan loyalitas yang tinggi terhadap organisasi," tandasnya.

Selain menobatkan Wempi Wetipo sebagai Ketua, Konferda ke-V DPD PDIP Papua juga menghasilkan kepengurusan baru periode 2019-2024 yakni Wakil ketua Bidang kehormatan partai, Edoardus Kaize, Sekretaris, Calvin Mansenmbra dan Bendahara partai, Willem Wandik.

Konferda ke-V ini juga digelar dalam rangka menetapkan struktur komposisi personalia DPD PDIP Provinsi Papua tahun 2019. Konferensi ini di hadiri oleh DPP PDIP serta di hadiri 28 DPC di Kabupaten / Kota di Papua.