Ini Lima Destinasi Wisata yang Layak Dikunjungi Saat PON XX di Papua

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, Yoseph Matutina/Istimewa

JAYAPURA - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua bakal membuka peluang strategis dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnu) ke beberapa destinasi wisata di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, Yoseph Matutina di Jayapura, Selasa (9/7) menyebutkan setidaknya terdapat lima obyek wisata menarik di Papua yang layak untuk dikunjungi antara lain, wisata Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya, Raja Ampat di Provinsi Papua Barat, Teluk Cenderawasih, Danau Sentani di Kabupaten Jayapura dan Desa Sauwandarek di Provinsi Papua Barat.

Menurut Yoseph, beberapa wilayah di Provinsi Papua memang cukup terkenal akan potensi Sumber Daya Alam (SDA), yang menjadi daya tarik para wisman dan wisnu.

“Wisman dan wisnu tentunya akan bergerak mencari obyek –obyek wisata yang ada di Provinsi Papua,” tuturnya.

Menjelang pelaksanaan iven olahraga terbesar di Tanah Air ini, kata Yoseph, Pemprov Papua dan Pemkab/Pemkot bersama pemandu-pemandu wisata, Asosiasi Travel Agen Indonesia (ASITA), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan lain-lain saling bersinergi, untuk membenahi obyek-obyek wisata.

“Kita dan juga pemandu-pemandu wisata, ASITA, PHRI dan lain-lain nanti mereka juga akan menyiapkan paket- paket wisata bagi wisman dan wisnu,” jelasnya